Rabu 10 Aug 2016 18:03 WIB

Tangani Depresi pada Anak dengan Cara Ini

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Anak depresi (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Anak depresi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Depresi menjadi bagian dari stress yang sering diabaikan oleh setiap orang. Padahal, hal ini dapat memicu berbagai masalah serius jika tidak ditangani. Depresi bisa diderita siapa saja, terutama anak-anak.

Beberapa kasus penyebab dari depresi seperti bullying, masalah harga diri, masalah psikologis dan lainnya. Depresi pada anak menjadi hal yang harus ditangani oleh para orang tuanya. Dalam Boldsky, berikut beberapa tips terbaik untuk membantu menangani kasus depresi pada sang buah hati.

Pertama, orang tua harus menyadari bahwa depresi adalah kondisi mental yang serius. Orang tua harus menerima kenyataan bahwa anak mereka memiliki gangguan dan membutuhkan bantuan profesional.

Jangan mencela anak ketika ia sedang marah atau menangis karena ini adalah gejala dari depresi. Dengan mencela justru akan memperburuk kondisi sang anak.

Selanjutnya, jangan merasa cemas dan khawatir dengan kondisi mental anak yang mengalami depresi. Orang tua justru harus menjadi penguat dan pendukung. Tujuannya agar anak merasa memiliki seseorang untuk bersandar.

Pastikan pula bahwa anak mengikuti saran yang diberikan oleh profesional seperti minum obat tepat waktu dan melakukan latihan relaksasi dan mengikuti pola hidup sehat.

Langkah berikutnya adalah membawa sang anak ke terapis terkenal dan pastikan bahwa anak tidak melewatkan sesi terapi. Selain itu, orang tua juga dapat berbicara dengan psikolog untuk memahami situasi agar lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement