Selasa 09 Aug 2016 16:57 WIB

Tiga Cara Mencintai Indonesia Ala Daniel Mananta

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Daniel Mananta
Foto: dok Republika
Daniel Mananta

REPUBLIKA.CO.ID, Menunjukkan kecintaan pada Tanah Air tak harus selalu dengan melakukan sesuatu yang 'wah'. Melalui hal yang sederhana sekali pun, masyarakat dapat menunjukkan kecintaan mereka terhadap Tanah Air. Setidaknya, itu yang dirasakan host Daniel Mananta.

Daniel mengatakan setidaknya ada tiga hal sederhana yang dapat dilakukan oleh warga negara Indonesia untuk membuktikan kecintaannya pada Tanah Air. Salah satu cara tersebut ialah berkreasi dan memberikan kontribusi positif bagi negeri.

Daniel meyakini banyak generasi muda Indonesia yang memiliki kemampuan untuk berkarya dalam berbagai bentuk. Apa pun kemampuan dan keterampilan tersebut, Daniel mengatakan generasi muda dapat menggunakannnya untuk berbuat sesuatu yang baik bagi Indonesia.

"(Kedua) beranilah untuk menyayangi Indonesia," ujar Daniel saat ditemui dalam peluncuran Time Please bersama The Walt Disney Indonesia dan Gerakan Pramuka di Gandaria City Mall Jakarta belum lama ini.

Sedangkan cara ketiga untuk menunjukkan kecintaan pada Tanah Air dengan sederhana menurut Daniel ialah berani untuk menegur orang yang berbuat salah. Daniel mencontohkan, ketika melihat orang membuang sampah sembarangan, seseorang yang cinta Tanah Air harus berani menegur orang tersebut untuk membuang sampah pada tempatnya.

"Lo ambil sampahnya, lo kasih ke dia, lo kasih tau ke dia 'tolong buang sampah di tempatnya'. Indonesia, negara ini, bukan tempat sampah," ujar Daniel.

Keberanian menegur ini juga bisa diterapkan ketika ada seseorang yang berkata buruk mengenai Indonesia. Warga negara Indonesia yang cinta Tanah Air, Daniel mengatakan harus berani membela dan menjaga nama baik negaranya.

"Seperti lo cinta sama orang tua lo. Ketika tiba-tiba orang tua lo dijelek-jelekin sama orang lain, lo harus berani untuk ngebelain orang tua lo," terang Daniel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement