Kamis 04 Aug 2016 12:06 WIB

7 Ide Menyulap Nasi Sisa Jadi Kudapan Sedap

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Nasi kelapa
Foto: Boldsky
Nasi kelapa

REPUBLIKA.CO.ID, Nasi sisa mungkin terdengar kurang menggugah selera. Padahal, jika diolah dengan benar, nasi sisa dapat berubah menjadi kudapan sedap yang menggiurkan. Selama ini, nasi sisa yang ada umumnya kita olah menjadi nasi goreng ataukah dibuat menjadi bubur. Nah, dengan resep ini, Anda bisa mempunyai ide mengolah nasi sisa menjadi masakan yang lezat ala India, seperti dilansir Boldsky.

Nasi Kelapa

Nasi kelapa merupakan olahan tradisional khas Thailand yang cukup mudah untuk dibuat. Waktu yang diperlukan untuk memasak nasi kelapa juga tidak terlalu lama, hanya sekitar 15 hingga 20 menit saja.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi kelapa juga tergolong mudah untuk didapatkan. Berikut ini ialah bahan-bahan yang diperlukan:

1 1/2 cangkir nasi sisa

1 cangkir santan

1/2 cangkir kelapa parut

1 sendok teh gula

2-3 daun limau

Sejumput garam

2 sendok makan daun ketumbar cincang

1 sendk makan minyak

1 1/2 cangkir air

Untuk membuat nasi kelapa, panaskan wajan dengan minyak lalu tambahkan santan, air, gula, daun limau dan garam. Biarkan campuran ini mendidih selama beberapa saat. Ketika air mulai menyusut, masukkan nasi sisa dan tunggu selama beberapa saat. Setelah air meresap, masukkan parutan kelapa ke dalam nasi. Setelah tercampur rata, buang daun limau yang masih berada di dalam wajan. Nasi kelapa siap dihidangkan dengan kari atau menu pendamping lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement