Kamis 14 Jul 2016 12:59 WIB

Ini Trik Mudah Membuat Nasi Jadi Lebih Lezat

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Memasak nasi (ilustrasi)
Foto: Thekitchn
Memasak nasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Nasi pada dasarnya tidak memiliki rasa yang khas bahkan cenderung datar. Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk membuat nasi terasa lebih lezat. Dengan trik mengolah beras yang tepat, nasi bisa dihidangkan dan memiliki cita rasa yang lebih kaya.

Seperti dilansir The Kitchn, kunci dari menghasilkan nasi yang lezat terletak pada proses membumbui beras sebelum dimasak menjadi nasi. Cara membumbui beras pun terbilang cukup mudah. Cukup olah beras di atas wajan datar dengan menambahkan sedikit campuran lemak.

Lemak yang ditambahkan pada beras bisa didapatkan dari minyak goreng. Akan tetapi, tidak semua minyak goreng sesuai untuk menambahkan rasa pada beras. Minyak goreng yang digunakan harus merupakan minyak yang memiliki rasa lebih kuat dibandingkan minyak goreng biasa. Beberapa contoh di antaranya ialah minyak zaitun, minyak kelapa atau pun minyak wijen. Mentega juga dapat dijadikan alternatif dalam menambah rasa pada beras yang dipanggang.

Langkah yang perlu dilakukan ialah dengan melapisi beras dengan minyak atau mentega secara merata terlebih dahulu. Gunakan minyak atau mentega seperlunya saja, karena yang terpenting adalah semua beras terlapisi lemak dengan merata. Setelah beras terlapisi seluruhnya dengan minyak atau mentega, panggang beras di atas kompor dengan menggunakan wajan datar atau pan hingga mengeluarkan aroma seperti kacang.

Setelah beras mengeluarkan aroma, tambahkan beberapa bumbu dapur aromatik ke dalam beras. Jenis-jenis bumbu dapur aromatik yang cocok ditambahkan untuk menambah aroma pada beras ialah bawang merah, bawang putih, jahe hingga rempah-rempah yang dicincang. Hanya dalam jumlah yang sedikit, bumbu-bumbu dapur aromatik ini dapat memberikan aroma yang ringan pada beras.

Olah beras selama beberapa menit di atas wajan hingga beras mulai terlihat sedikit terpanggang. Setelah proses penambahan aroma pada beras selesai, masak beras hingga menjadi nasi dengan cara yang biasa seperti melalui rice cooker atau pun penanak nasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement