Kamis 14 Jul 2016 12:37 WIB

Ingin Mengubah Nasi Menyerupai Mi? Coba Cara Sederhana Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Nasi bertekstur mi
Foto: Thekitchn
Nasi bertekstur mi

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan cita rasa nasi. Beberapa cara di antaranya ialah dengan memanggang beras hingga memasak nasi dengan air kaldu. Akan tetapi, tak banyak yang mengetahui bahwa dengan sedikit trik tekstur nasi pun dapat diubah menyerupai mi.

Kunci dari 'menyulap' nasi sehingga menyerupai mi ialah penggunaan air basa. Air basa ini dapat dibuat dengan membuat campuran air dan baking soda. Kondisi basa akan mendorong beras untuk menyerap lebih banyak air dan juga memecah zat tepung sekaligus meningkatkan kekuatan dan elastisitas beras.

Melalui air basa, beras yang dimasak akan memiliki beberapa tekstur khas mi seperti kenyal dan elastis namun lembut. Kelebihan dari membuat 'mi' dari beras ialah tekstur yang dihasilkan tetap kenyal dan lembut tetapi tidak lembek sehingga terasa nikmat saat dikunyah.

Untuk membuat nasi bertekstur mi, setiap satu cangkir beras yang akan dimasak membutuhkan satu sendok teh baking soda dan setengah sendok teh garam. Untuk mengolahnya, rendam beras dalam air beserta baking soda dan garam di wadah yang besar. Biarkan beras terendam di dalam campuran air, baking soda dan garam selama 90 menit.

Setelah 90 menit, saring beras dan masukkan beras ke dalam air yang mendidih. Masak beras seperti halnya memasak pasta sambil terus diawasi. Proses memasak beras menjadi 'mi' ini membutuhkan waktu yang bervariasi, tergantung jenis beras yang digunakan. Estimasi waktu untuk memasak nasi bertekstur mi ini diperkirakan tiga hingga sepuluh menit.

Seperti dilansir The Kitchn, ada banyak cara untuk mengolah nasi bertekstur mi menjadi hidangan yang menggugah selera. Cara yang cukup umum untuk menyantap nasi bertekstur mi ini ialah digunakan sebagai pengganti mi dalam hidangan mi rebus atau dimakan seperti nasi putih biasa.

Di samping cara 'biasa' tersebut, nasi bertekstur mi juga dapat diolah sebagai bahan tambahan dalam resep masakan dengan teknik stir fry. Nasi bertekstur mi juga cocok menjadi pendamping kari atau sup, campuran dalam burrito, hingga diolah dengan kombinasi salad serta telur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement