Senin 01 Aug 2016 07:42 WIB

Mitos Dan Fakta di Balik 10 Makanan Super

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Sushi roll
Foto:
Sebatang cokelat

Cokelat

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa cokelat murni memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Di samping itu cokelat mentah juga kaya akan antioksidan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Cokelat mentah pun dinilai sebagai sumber magnesium yang baik.

Sayangnya, cokelat batangan yang beredar luas di pasaran tidak menyimpan banyak manfaat dari cokelat mentah. Cokelat batangan cenderung lebih banyak memiliki kandungan gula dalam tiap potongnya. Meski tidak terlalu banyak mengandung gula, cokelat batangan di pasaran tetap memiliki kandungan kalori yang cukup banyak.

Biji Chia

Biji chia dikenal dengan kandungan omega 3 yang tinggi. Selain itu, kandungan protein dan juga kemampuan biji chia untuk mengurangi lapar membuat biji chia digemari banyak kalangan termasuk selebriti Gwyneth Paltrow dan Ellie Goulding.

Sayangnya, biji chia juga kaya akan akndungan phutates. Kandungan phytates ini dapat menghalangi tubuh untuk menyerap minreal dengan baik.

Rumput Gandum

Rumput gandum atau wheatgrass dipercaya memiliki nutrisi lebih banyak dibandingkan sayuran manapun. Selain itu, rumput gandum dipercaya berkhasiat dalam memperlancar sirkulasi darah dan dapat memberi perlindungan tubuh dari inflamasi.

Secara ilmiah, klaim bahwa rumput gandum dapat meningkatkan produksi sel darah merah terbukti tidak meyakinkan. Penelitian hanya menunjukkan bahwa pasien dengan penyakit kolitis ulseratif merasa rumput gandum dapat meringankan gejala penyakit inflamasi pada usus besar atau kolon tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement