Senin 01 Aug 2016 07:42 WIB

Mitos Dan Fakta di Balik 10 Makanan Super

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Sushi roll
Foto: pexels
Air kelapa

Roti Kecokelatan

Tak semua roti kecokelatan merupakan roti gandum yang sehat. Beberapa di antaranya hanya menggunakan gandum buatan dan pewarna makanan untuk membuat roti kecokelatan.

Oleh karena itu, ahli gizi Wilkinson menyarankan agar konsumen lebih teliti terhadap roti yang akan dibeli. Konsumen perlu memastikan bahwa roti yang akan dibeli benar-benar terbuat dari gandum murni dan berlabel.

Air Kelapa

Air kelapa seringkali dianggap sebagai minuman yang dapat merehidrasi tubuh lebih baik dari ari putih. Akan tetapi, ahli hidrasi Profesor John Brewer mengungkapkan tidak ada banyak keunggulan pada air kelapa dalam hal merehidrasi.

Akan tetapi, air kelapa memang unggul dengan kandungan elektrolit esensial seperti potassium. Hanya saja, potassium juga bisa didapatkan dengan lebih murah melalui pisang.

Goji Berry

Buah merah keriput ini dinilai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tuuh dari penyakit jantung dan kanker, bahkan memperpanjang harapan hidup. Memang benar bahwa goji berry mengandung vitamin A, C dan B2, zat besi serta antioksidan. Akan tetapi, belum ada penelitian yang dapat dipercaya untuk membuktikan manfaat besar goji berry bagi kesehatan seperti yang beredar luas di masyarakat.

British Dietetic Association bahkan menemukan bahwa kandungan antioksidan goji berry tak lebih baik dari apel merah. Diperlukan 13 cangkir goji berry untuk mendapatkan antioksidan yang sama banyaknya seperti yang terdapat dalam satu buah apel merah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement