Kamis 28 Jul 2016 05:50 WIB

Mau Anak Pandai Bermusik? Ini Kata Dwiki Darmawan

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Musisi jazz muda Joey Alexander tampil dalam live in concert di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Ahad (22/5)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Musisi jazz muda Joey Alexander tampil dalam live in concert di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Ahad (22/5)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua harus jeli mengetahui potensi minat dan bakat yang dimiliki anak sejak dini. Pemahaman terhadap potensi anak sejak dini penting untuk membantu orang tua mengarahkan pendidikan atau kegiatan sang buah hati.

Hal ini pun dibenarkan oleh Citra Pranadjaja, pemilik sekolah Bina Vokalia Pranadjaja. Citra menjelaskan bahwa sejak dini sebaiknya orang tua lebih jeli dan peka dalam melihat potensi yang dimiliki anak, terlebih di dalam dunia musik.

"Sejak umur dua tahun umumnya sudah mulai terlihat potensi yang dimiliki anak. Untuk di musik, biasanya anak berumur 2 tahun sudah mengerti ketukan dengan sendirinya, bahkan ada yang sudah mengerti harmoni dan nada-nada. Tak jarang di umur 4 sampai 5 tahun ada juga yang sudah mulai bisa improvisasi, lho," jelas Citra.

Musisi Dwiki Dharmawan smengatakan bahwa mengenalkan musik sejak dini untuk si kecil mampu melatih respons motorik dan hatinya agar lebih peka terhadap sekitar.

"Jangan remehkan potensi yang dimiliki anak, sejak dini justru kita harus dukung apa yang mereka sukai. Karena peran orang tua sangat berpengaruh sekali bagi pertumbuhan dan perkembangan anak ke depannya."

Keberhasilan suatu pendidikan sering dikaitkan dengan sejauhmana orang tua memahami anak sebagai individu yang unik. Munculnya potensi anak memang bergantung pada rangsangan yang diberikan orang tua. Karena itu, wajib bagi orang tua untuk menggali sekaligus mengembangkan potensi anak sejak dini. Makin dini anak menerima stimulasi akan semakin makin baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement