Senin 25 Jul 2016 14:15 WIB

Mabuk Dibuai Pesisir Selatan Garut

Pantai Dermaga Santolo, wisata bahari di Garut Selatan, Jawa Barat.
Foto:
Salah satu sudut keindahan pantai Sayang Heulang, Garut.

Secara administrasi, kecamatan Pameungpeuk hanya memiliki satu pantai, pantai Sayang Heulang. Pantai ini sudah lama menjadi objek wisata pantai Garut yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Pantai ini terletak di Desa Mancagahar, hanya dua kilometer dari pusat desa Pameungpeuk.

Ombak besar bergulung-gulung, jadi cerminan tiap pantai yang berada menghadap langsung Samudra Hindia. Begitu juga dengan pantai Sayang Heulang. Pantai yang memanjang ke arah timur, berpasir putih, dan masih terlihat asri.

Dari pintu masuk, cobalah sejenak meniti tepi pantai ke arah timur sepanjang dua kilometer. Satu yang spesial dari pantai Sayang Heulang, adalah satu tempat yang dikenal dengan nama Curugan.

Curugan berada pada lanskap pantai karang dengan latar jembatan gantung yang sudah tua. Terdapat tempat pertemuan air laut dengan sungai. Pantai Sayang Heulang memiliki posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanah sekitarnya. Kondisi itu membuat fenomena yang sangat jarang: air pantai justru mengalir ke aliran sungai. 

Sekretaris desa Mancagahar, Erik Setiawan, mengakui curugan itulah yang membuat spesial pantai Sayang Heulang. Fenomena keterbalikan aliran air itu, konon hanya dimiliki dua tempat di dunia. Satu di Pameungpeuk, dan satu lagi di Chicago, Amerika Serikat. 

“Memang dahsyat,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement