Kamis 23 Jun 2016 13:10 WIB

Pisco Sour, Minuman Putih Telur Asli Peru

Pisco Sour
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pisco Sour

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuliner Peru bukan hanya berupa makanan ringan dan berat. Minuman khas Peru juga tak kalah menarik untuk dicoba.

Pisco Sour adalah minuman nasional negara ini. Anda belum ke Peru, kalau belum mencicipi Pisco Sour.

Seperti namanya minuman ini bercita rasa asam segar. Dari mana rasa asamnya? Yakni dari perasan jeruk nipis. Pisco sour akan dihidangkan dengan buih putih yang cukup tebal. Buih putih berasal dari kocokan putih telur yang dicampur dengan gula palem dan kayu manis.

Jangan khawatir merasa amis bila meminum putih telur. Paduan jeruk nipis dan kayu manis meredam amis putih telur, meninggalkan rasa segar manis dengan sedikit jejak minuman yang creamy.

Citarasa asam memang banyak ditemukan di menu Peru. Seperti pada kudapan Ceviche. Menu ini di Pavela namun tidak diracik dari hidangan laut mentah. Henry Sanjaya, pemilik Pavela restoran Peru pertama di Jakarta, mengatakan Ceviche di tempatnya dibuat dari cumi goreng tepung yang dituangi saus segar dari jeruk nipis, jagung manis, ketimun, tomat, serta bawang.

Aslinya, kata Henry, ceviche di Peru dibuat dari ikan atau udang mentah. Sedang Pisco Sour adalah minuman beralkohol. Namun khusus di Pavela Pisco Sour tersaji tanpa alkohol hingga bisa dinikmati bebas siapapun.

Pavela terletak di lantai dasar Street Gallery Pondok Indah Mall, Jaksel. Menu yang ditawarkan berharga mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 95 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement