Selasa 21 Jun 2016 14:50 WIB

Ibu ‘Single’ Lebih Berisiko Alami Sakit Jantung

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anaknya
Foto: flickr
Ibu dan anaknya

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut sebuah studi terbaru, seorang ibu yang bekerja sendirian tanpa sokongan suami, harus lebih memperhatikan kesehatannya. Karena ternyata para ibu tunggal alias single parent ini lebih berisiko terserang sakit jantung.

Peneliti dari Erasmus University Medical Center di Rotterdam, Belanda, memeriksa data kesehatan, pekerjaan dan status perkawinan pada hampir 11 ribu perempuan di Eropa dan 6.000 perempuan di Amerika Serikat yang lahir antara tahun 1935 dan 1956. Perempuan yang  menjadi ibu tunggal bekerja dua kali lebih tinggi di Amerika Serikat daripada Eropa.

Di Amerika Serikat, 11 persen perempuan telah yang berada dalam posisi itu di beberapa titik dalam hidup mereka, dibandingkan dengan 5 persen perempuan di Eropa. Dibandingkan dengan ibu yang menikah yang bekerja, ibu tunggal dengan pekerjaan 40 persen lebih mungkin mengalami sakit jantung dan 74 persen lebih mungkin kena stroke.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Selasa (21/6), mereka juga menemukan 77 persen lebih mungkin ibu tunggal akan merokok. Studi dipublikasikan di American Journal of Public Health.

(baca: Anjuran dan Larangan Berpuasa Bagi Pengidap Penyakit Jantung)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement