Sabtu 11 Jun 2016 10:45 WIB

Tips Membuat Popcorn Sempurna

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Popcorn (ilustrasi)
Foto: dinnerwithjulie.com
Popcorn (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Popcorn bisa jadi adalah camilan kegemaran Anda. Popcorn ini tinggi akan serat. Makannya pun mudah, dan cocok sekali untuk menemani hari santai Anda sambil nonton DVD film favorit di rumah. Popcorn juga terdiri atas banyak rasa. Ada yang asin, manis dan lainnya.

Tapi bagaimana cara membuatnya ya? Selama ini kita mungkin hanya membeli saja. Padahal, tak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti tips yang dilansir dari laman Thekitchn, berikut.

Membuat popcorn tidak berarti  harus membeli sebuah kotak popcorn yang memiliki banyak perasa dan bahan kimia buatan di dalamnya. Cukup beli kantong kernel polos atau pilih beberapa bagian yang besar di toko penjual bahan makanan.

Yang pertama dilakukan adalah pilih jagung khusus. Popcorn tidak melulu berasal dari jagung manis dan segar. Popcorn bisa dibuat dari jenis jagung lainnya yang tumbuh secara khusus untuk membuat popcorn. Jagung popcorn juga disebut jagung mutiara atau jagung beras, yang memiliki lapisan kulit luar dan endosperm yang keras.

Lapisan ini berada tepat di bawah kulit. Jika Anda bisa mendapatkan salah satu jenis pusaka popcorn, Anda akan menemukan bahwa mereka benar-benar memiliki berbagai rasa dan tekstur, belum lagi warna menyenangkan.

Apa yang membuat popcorn meletus? Pada dasarnya, aplikasi panas membuat kernel popcorn pop terbuka. Protein dan zat tepung di endosperm yang keras akan melunak dan mulai berekspansi dengan panas. Kulit yang keras, yang dapat menahan tekanan lebih daripada tipe jagung lain memberikan endosperm waktu lebih untuk melunak dan membuatnya lebih lembab serta panas di dalamnya. Karena itulah letusan jagung lebih lembut dan garing. Kulit akhirnya pecah, campuran lembut di dalamnya meledak dan jadilah popcorn.

Lalu bagaimana popcorn meletus? Ketika udara memanas di sekitar jagung akan menimbulkan ketusan popcorn. Atau mesin popcorn berfungsi membuat letusan jagung hampir sangat mudah. Sebetulnya, Anda tidak perlu mesin khusus untuk membuat popcorn di rumah. Anda dapat melakukannya di atas kompor dengan mengunakan panci atau bahkan wajan yang memiliki tutup. Atau bisa juga hanya menggunakan microwave. 

Mungkin saat pertama kali jagung meletus akan sedikit menakutkan. Tapi ada beberapa tips yang akan menolong Anda membuat sekumpulan popcorn halus yang sempurna, popcorn renyah, termasuk fakta bahwa Anda dapat meletuskan popcorn yang belum meletus.

Tips lainnya, jika membuat kernel jagung atau bola popcorn, cara terbaik adalah pisahkan terlebih dahulu kernel jagung yang tidak meletus. Jangan lupa bahwa popcorn yang meletus membuat kemasan jadi besar.

Selanjutnya, tambahkanlah rasa. Rasa popcorn sebetulnya sudah memiliki citarasa tersendiri. Popcorn bisa dinikmati meski dengan rasa yang hambar. Untuk menambahkan rasa sangat mudah. Lihatlah rempah-rempah di dapur atau keju yang Anda punyai. Ini bisa menimbulkan inspirasi rasa popcorn Anda agar tidak akan membosankan lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement