Jumat 10 Jun 2016 08:10 WIB

Popcorn Karamel Buatan Rumah

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Popcorn karamel
Foto: Thekitchn
Popcorn karamel

REPUBLIKA.CO.ID, Popcorn karamel sering kali menjadi menu andalan saat menonton film. Rasanya yang manis dan gurih begitu menggoda ketimbang varian popcorn jenis lainnya.

Hanya saja, popcorn karamel lebih mahal harganya daripada popcorn asin atau manis. Tapi tenang saja, sekarang Anda bisa membuat sendiri popcorn karamel di rumah dengan bahan-bahan dan cara memasak yang tidak terlalu sulit.

Anda cukup melakukan beberapa tahap yakni membuat popcorn, saus karamel, dan membaluri popcorn dengan saus karamel. Hanya butuh satu jam untuk tahapan-tahapan pembutannya. Setelah itu semua siap untuk dimakan. Nah, bagaimana caranya?

Cukup mudah. Siapkan panci dengan penutup, kemudian masukan minyak, lapisi seluruh panci dengan minyak. Setelah itu masukan jagung yang sudah siap pakai untuk membuat popocorn. Biasanya di supermarket sudah bnyak yang menjual jagung popcorn ini.

Panaskan panci hingga biji jagung tersebut mengembang dan berubah menjadi popcorn. Sisihkan, dan persiapkan untuk membuat saus karamel yang manis dan gurih.

Siapkan panci, panaskan kompor dan masukan mentega hingga mencair dengan api sedang. Masukan gula coklat atau brown sugar sampai benar-benar lumer dengan mentega. Tambahkan besar api hingga bahan tersebut mendidih, biarkan bahan mendidih selama tiga atau emapat menit sambil terus diaduk.

Setelah terlihat muncul gumpalan, tambahkan vanili, garam, baking soda. Aduk semuanya hingga bahan mulai mengental. Setelah mengental, simpan dan taruh saus karamel itu di atas popcorn yang sebelumnya telah dimasak. Aduk sampai semua popcorn terlapisi. Disarankan mengguankaan wadah yang datar untuk mempermudah pelapisan yang kemudian lakukan proses pengeringan.

Nah, untuk memberikan efek kering yang sempurna, Anda bisa memasukan popcorn karamel ini dalam oven. Cukup panaskan oven hingga suhu 121 Celsius, masukan popcorn karamel, dan tunggu hingga satu jam. Selamat mencoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement