Rabu 08 Jun 2016 12:51 WIB

6 Tips Bangun Pagi Tanpa Merasa Lelah

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Kamar tidur nyaman membantu tidur lebih berkualitas.
Foto: pixabay
Kamar tidur nyaman membantu tidur lebih berkualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, Persepsi umum yang kita tahu selama ini adalah kita harus beristirahat selama antara enam sampai delapan jam setiap malam. Namun, Research Centre Surrey Sleep di Inggris menyatakan, kualitas tidur ternyata lebih penting daripada kuantitas.

Selain itu, jumlah optimal tidur akan bervariasi untuk setiap individu, dengan lama waktu rata-rata antara lima sampai sembilan jam. Selama apapun kita tidur, pastikan nyenyak dan tenang, serta bangun di pagi hari tanpa merasa lelah.

Berikut adalah enam langkah yang bisa diambil untuk bisa bangun pagi tanpa merasa lelah, dilansir dari Life Hack.

Hindari konsumsi kopi, anggur merah dan cokelat sebelum tidur

Jika Anda ingin menikmati tidur yang nyenyak, jangan sampai ada yang mengganggu sistem pencernaan. Salah satu yang secara ilmiah menyebabkan sistem pencernaan terganggu adalah kopi, anggur merah, atau cokelat susu.

Hindari mengonsumsi produk ini setelah makan siang. Namun jika Anda tetap ingin, setidaknya Anda tidak mengonsumsinya setelah pukul enam sore.

Pergi ke toilet sebelum tidur

Walaupun sebagian besar orang akan pergi ke toilet sebelum naik ke tempat tidur, banyak juga di antaranya yang lebih senang menghabiskan waktu sebelum tidur dengan membaca, menonton tv, atau bermain gim.

Ternyata kandung kemih terisi sendiri perlahan-lahan, karena bagaimanapun ginjal tetap terus bekerja sepanjang malam ketika Anda sedang tidur. Hal ini berarti kandung kemih akan penuh ketika Anda bangun di pagi har. Sehingga bukan rasa segar yang didapat, Anda justru harus terburu-buru pergi ke toilet.

Pastikan kamar Anda ditata dengan nyaman

Mengatur tata letak ruangan yang nyaman dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak dengan bangun pagi yang segar. Misalnya, tempat tidur bisa ditempatkan sedemikian rupa hingga Anda bisa langsung melihat pintu, namun tidak langsung terlihat dari luar begitu pintu terbuka.

Warna yang digunakan dalam kamar tidur juga bisa berdampak pada suasana hati Anda sebelum tidur. Direkomendasikan memakai warna biru pastel atau warna hijau, karena warna-warna tersebut memicu perasaan tenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement