Rabu 08 Jun 2016 09:39 WIB

10 Kegunaan tak Biasa Cangkang Telur

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Cangkang telur
Foto: pixabay
Cangkang telur

REPUBLIKA.CO.ID, Seringkali, cangkang telur dibuang begitu saja dalam proses memasak karena tidak terpakai. Padahal, cangkang telur dapat memberi manfaat ketika digunakan dengan tepat. Berikut ini ialah 10 kegunaan tak biasa dari cangkang telur yang akan membuat Anda berpikir ulang untuk membuangnya.

Sumber Kalsium

Cangkang telur dapat disulap menjadi bubuk kalsium yang baik untuk tulang Anda. Yang perlu Anda lakukan ialah mencuci cangkang telur dengan air hangat dan biarkan cangkang mengering di bawah sinar matahari. Hancurkan cangkang hingga berbentuk bubuk dan simpan di dalam tempat penyimpan kedap udara.

Anda dapat memanfaatkan cangkang telur tersebut sebagai bubuk kalsium untuk dikonsumsi. Jika Anda ragu, Anda dapat menambahkan bubuk kalsium tersebut ke dalam makanan hewan peliharaan Anda sebagai tambahan asupan kalsium.

Menjauhkan Cicak

Jika Anda merasa terganggu dengan adanya cicak di rumah, cangkang telur dapat menjadi jawaban bagi kekhawatiran Anda. Pasalnya, cangkang telur dapat membuat cicak menjauh. Anda hanya perlu menebar pecahan cangkang telur di berbagai tempat di mana cicak sering kali terlihat di rumah Anda.

Antiseptik

Dahulu, membran cangkang telur digunakan untuk menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Bukan tidak mungkin jika saat ini telur dimanfaatkan sebagai antiseptik alami.

Menghilangkan Komedo

Gunakan bagian runcing dari cangkang telur yang telah dipecahkan untuk menarik komedo keluar. Ketika mengering, akan lebih mudah bagi Anda untuk menarik komedo keluar dari permukaan kulit.

Pelindung Taman

Cangkang telur yang telah dihancurkan juga dapat melindungi taman Anda dari hama seperti siput dan semut. Yang perlu Anda lakukan ialah menebarkan pecahan telur di taman Anda, dilansir Times of India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement