Senin 30 May 2016 14:14 WIB

5 Sebab Anda Boros Finansial

Perencanaan keuangan
Foto:
Perencanaan keuangan

Memutuskan untuk Berbisnis, Namun tidak Punya Rencana Keuangan

Jika Anda seorang wiraswasta yang menjalankan sebuah bisnis, tentunya mengerti akan cara mengatur keuangan dalam usaha Anda, sedikitnya harus dipahami. Menjalankan usaha dan lama atau tidaknya sebuah usaha itu berjalan justru tergantung dengan peredaran uang di dalamnya. Jangan sampai Anda memutuskan untuk berbisnis, namun sama sekali tidak memiliki rencana keuangan untuk menjalankan usaha tersebut hingga ke masa yang akan datang.

Sering Mengutamakan Keinginan Dibanding Kebutuhan

Untuk hal yang satu ini biasanya berkaitan dengan suatu barang. Kaum pria atau pun wanita tampaknya akan merasakan hal yang sama jika mereka harus memilih antara kebutuhan dan keinginan. Jika mengikuti keinginan, Anda tahu sendiri, ada banyak hal yang setiap orang impikan untuk mereka miliki, hampir tidak terbatas. Namun, kebutuhan yang pada dasarnya Anda benar-benar perlu adalah sesuatu hal yang jelas harus dipenuhi, jika tidak, maka hidup bisa tidak nyaman.

Tidak tertarik dengan Diskon

Sebagian orang berpendapat bahwa barang diskon itu biasanya barang yang sudah lama, dan sudah hampir ketinggalan zaman, makanya mereka tidak memilih barang yang dibeli dengan harga diskon ini. Padahal, memanfaatkan diskon untuk barang-barang tertentu bisa menghemat pengeluaran belanja. Namun, sebaiknya Anda manfaatkan saat diskon ini ada pada barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Pahami Cara Mengatur Keuangan

Jika Anda dapat mengerti dan memahami bagaimana cara mengatur keuangan, sebenarnya pola hidup boros ini bisa dihindari. Mengatur keuangan tidak serumit matematika atau fisika. Anda hanya perlu memperhitungkan dan mengurangkan apa yang sekiranya tidak terlalu penting untuk dimiliki. Setelah paham, jalankan pola keuangan yang lebih teratur untuk keadaan finansial yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement