Jumat 27 May 2016 08:04 WIB

Melihat Maeklong Thailand, Wisata Pedagang Berjualan di Rel Kereta

Rep: Riga Iman/ Red: Winda Destiana Putri
Maeklong Market in Railway at Thailand.
Foto: Amusing Planet
Maeklong Market in Railway at Thailand.

REPUBLIKA.CO.ID, Pemandangan pasar yang berada di tepian rel kereta api sebenarnya bukan hal yang aneh.

Namun, di Thailand tepatnya di Maeklong, Samut Songkhram kawasan pedagang yang berjualan di pinggiran rel kereta menjadi salah satu tujuan wisata bagi para turis mancanegara.

Pasar Maeklong ini unik dan mengundang rasa ingin tahu untuk melihatnya. Di mana pedagang memang nekat untuk berjualan dengan berderet di samping rel dan tak ada jarak. Mereka juga memasang tenda di atas rel kereta.

Ketika kereta masuk dan keluar stasiun Maeklong, maka tenda di atas rel kereta ditarik keluar dari lintasan tersebut. Begitupun dengan gerobak barang dagangan yang awalnya berada di pinggiran rel kereta.

 

Kereta yang datang dan keluar Stasiun Maeklong sebanyak delapan kali dari pagi hingga sore hari. Sehingga para pedagang pun harus membereskan dagangannya sebanyak delapan kali.

Sebelum gerbong kereta melintas, memang ada pengumuman melalui pengeras suara yang memberikan informasi kereta akan lewat.

Sewaktu melintas, laju kereta juga berjalan lambat sehingga tidak menyebabkan getaran yang cukup kencang. Keunikan lainnya, kondisi pasar ini terlihat bersih dan tertata dengan baik.

Dampaknya, para pembeli juga merasa nyaman untuk datang dan membeli barang kebutuhan hidup sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging, dan lain sebagainya.

Salah seorang pemandu wisata Thailand Ismail (55 tahun) mengatakan, keberadaan pedagang yang berjualan di pinggiran rel kereta ini sudah berlangsung ratusan tahun.

"Memang dari awal para pedagang mencari nafkah dengan berjualan di samping rel," ujar dia, yang fasih berbahasa Indonesia.

Menurut Ismail, keunikan dari pasar yang berada di rel kereta ini mengembangkan sektor wisata dan ekonomi bagi Thailand. Fenomena ini juga mendorong pengembangan usaha kreatif seperti pembuatan kaos bercorakan rel kereta Maeklong.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement