Rabu 25 May 2016 09:47 WIB

Batita Anda tak Suka Sayuran? Coba Menu Berikut Ini

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Anak doyan makan sayur
Foto: sheknows.com
Anak doyan makan sayur

REPUBLIKA.CO.ID, Penelitian terbaru menunjukkan bahwa satu dari lima bayi berusia tiga tahun (batita) ke bawah kurang menyukai sayur mereka. Sebanyak 30 ribu bayi berusia dua tahun bahkan tak pernah mau makan sayur.

Temuan ini merupakan survei dari YouGov. Lebih dari seperempat orang tua menghabiskan sehari penuh membujuk anak-anak mereka supaya mau makan sayuran. British Nutrition Foundation (BNF) mencoba memperkenalkan berbagai racikan sayuran yang bisa menjadi referensi ibu selama tahap awal penyapihan. 

"Mengakrabkan  bayi dengan berbagai macam sayuran selama masa penyapihan akan meningkatkan penerimaan mereka akan asupan makanan di perkembangan usianya nanti," kata Dr Lucy Chambers dari BNF, dilansir dari Mother and Baby UK, Rabu (25/5).

Beberapa menu berikut dinilai lebih mudah diterima lidah para batita:

Wortel dan labu kuning

Menu ini kaya akan vitamin A. Untuk membuat 60 gram campuran sayur ini, kupas 100 gram wortel dan labu kuning, potong dadu, kemudian rebus delapan menit atau sampai empuk. Setelah agak dingin, haluskan keduanya dengan satu sendok makan minyak sayur. Ibu bisa menambahkan ASI ke dalam campuran jika diperlukan.

 

Wortel, daun bawang, dan kentang

Rasa sederhana ini terasa semakin enak dicampur dengan daun bawang yang digoreng. Wortel merupakan sumber vitamin A yang penting bagi tubuh anak. Potong delapan sentimeter daun bawang dan goreng dengan sedikit minyak. Tambahkan 100 gram wortel cincang yang sudah dikupas kemudian rebus sampai lunak. Kupas 120 gram kentang kemudian tiriskan dan haluskan. Ibu bisa juga menambahkan ASI jika diperlukan, sesuaikan dengan tekstur menu.

 

Wortel putih dan ubi jalar

Kombinasi sayuran akar manis ini merupakan sumber vitamin A, C, dan E yang luar biasa. Pilih ubi jalar yang kecil, karena ubi jalar besar cenderung keras di tengahnya. Untuk membuat 100 gram campuran ini, kupas dan rebus 200 gram wortel putih sampai empuk. Setelah agak dingin, haluskan semuanya kemudian campur dengan 50 hingga 75 mililiter (ml) ASI atau susu formula.

 

Plum dan apel

Buah plum mengandung zat pelindung tubuh yang disebut polifenol. Beli plum yang sudah matang kemudian ramu menjadi jus manis. Ambil satu buah apel yang sudah dikupas, buang bijinya dan dicincang kasar. Satukan dengan jus plum kemudian rebus dalam panci hingga mendidih. Setelah empuk, ibu bisa juga menghaluskan apelnya dengan sendok.

 

Aprikot dan pir

Campuran buah manis ini sehat untuk bayi Anda karena kaya dengan vitamin C dan E. Untuk membuat 100 gram campurannya, haluskan aprikot kering dalam panci kecil, kemudian rebus dengan 250 ml air. Kupas pir, buang bijinya, potong dadu, kemudian haluskan. Campurkan kedua bahan bersama-sama. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement