Ahad 08 Oct 2023 19:01 WIB

Merasa Sedih? Coba 5 Makanan Ini Agar Lebih Tenang

Sejumlah makanan dapat membantu mood menjadi lebih baik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Menyantap sayuran bisa membuat mood lebih baik/ilustrasi
Foto: Pexels
Menyantap sayuran bisa membuat mood lebih baik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat suasana hati sedang buruk, menyantap makanan tertentu bisa membantu mengatasinya. Tidak cuma karbohidrat atau makanan manis, berikut sejumlah makanan yang dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik, dikutip dari laman Woman and Home, Ahad (8/10/2023).

 

Baca Juga

1. Makanan kaya omega-3

Sumber omega-3 disebut pula 'makanan otak', contohnya ikan berlemak seperti salmon, ikan herring, remis, dan ikan teri. Pelatih kesehatan, nutrisi, dan kebugaran bersertifikat, Caitlin Spears, mengatakan makanan omega-3 bagus untuk meningkatkan suasana hati.

 

"Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan peningkatan mood dan fungsi otak," ujar Spears. Dia juga menyarankan makan cokelat hitam dan kacang-kacangan yang menurutnya termasuk kudapan sehat sekaligus bisa memperbaiki mood.

 

2. Sayur-mayur

Sayuran seperti daun bawang, kentang, dan brokoli tidak hanya bisa dijadikan sup yang lezat, tetapi juga sangat bagus untuk meningkatkan suasana hati. Spears menjelaskan, sayur kaya vitamin, mineral, dan antioksidan. "Dengan mengonsumsi makanan padat nutrisi ini, kita dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tingkat energi," tuturnya.

 

3. Telur

Selain tinggi protein, telur untuk sarapan terbukti bisa memperbaiki suasana hati di pagi hari. Terapis nutrisi di Dr David Jack, Andy Daly, menjelaskan bahwa telur juga kaya akan vitamin D, vitamin yang membantu meringankan gangguan suasana hati yang mungkin sedang dialami seseorang.

 

4. Makanan fermentasi

Usus memainkan peran besar dalam mendukung kesejahteraan mental dan fisik. Itulah sebabnya para pakar memberi begitu banyak perhatian pada makanan yang menyehatkan usus, termasuk sejumlah makanan yang sudah melalui proses fermentasi, termasuk kimchi, asinan, dan makanan probiotik lain.

Terapis nutrisi terdaftar di Purolabs, Steph Baker, merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh SRM University dan Texas Tech University, yang mengamati hubungan antara kesehatan usus dengan gejala kecemasan dan depresi. "Penelitian telah menghubungkan kesehatan mikrobioma dengan suasana hati dan kesejahteraan, oleh karena itu menambahkan lebih banyak bakteri bermanfaat ke usus dapat membantu meningkatkan kesehatan mental,” kata Baker.

 

5. Kalkun

Baker menjelaskan, kalkun penuh dengan nutrisi menyehatkan. Nutrisi spesifik yang ditawarkannya termasuk triptofan, asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi serotonin, hormon perasaan baik di usus, sehingga pas untuk asupan harian.

"Ada baiknya mempertimbangkan untuk menambahkan sandwich kalkun lagi ke dalam menu," ungkap Baker. Bagi yang menjalani pola makan nabati, dia menyarankan untuk meningkatkan asupan tahu, yang juga mengandung triptofan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement