Rabu 09 Dec 2020 21:26 WIB

3 Cara Mudah Makan Sayur

Beberapa orang mungkin sulit atau lupa menambahkan sayur di piringnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Foto: ilustrasi sayur bayam
Foto: Pxhere
Foto: ilustrasi sayur bayam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam konsumsi makanan sehari-hari, penting memilih sayuran kaya serat untuk meningkatkan kesehatan usus. Meskipun semua sayuran mengandung serat, hanya beberapa yang memang memiliki jumlah banyak.

Menurut Monash University, beberapa sayuran yang kaya akan serat, yakni artichoke, asparagus, bawang, kacang hijau, bawang putih, kacang salju, kubis savoy, jagung manis, bawang hijau dan adas.

Baca Juga

Sebagian besar orang mungkin sudah mencukupi kebutuhan seratnya dalam makanan. Namun, terkadang beberapa orang sulit atau lupa menambahkan sayur ke dalam piring mereka. 

Untuk mempermudah mendapatkan konsumsi serat dari sayuran, berikut beberapa tips sederhana agar lebih mudah menikmati sayur, dilansir laman Livestrong, Rabu (9/12).

 

Campurkan sayuran ke lauk

Tidak hanya di waktu makan siang atau malam, sarapan pun tetap penting sebagai waktu menyantap sayuran. Jika tidak ingin langsung memakan sayuran, coba olah sayuran ke dalam lauk. 

Mengolah sayuran ke dalam telur dadar, misalnya, bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan sarapan pagi yang lezat. Tetapi jika terbiasa dengan makan makanan yang lebih manis, seperti oatmeal atau smoothie, coba masukkan sesuatu yang halus, seperti kembang kol atau zucchini. 

Sayuran ini memiliki rasa yang lebih ringan sehingga tidak mengganggu rasa makanan. Setidaknya, cara ini bisa menambah serat dan membantu memenuhi asupan nutrisi sayuran dalam sehari.

 

Sesekali nikmati bersama daging favorit

Cobalah makan sayur dengan daging favorit. Misalnya, menambahkan lebih banyak sayuran dalam masakan Beet Burgers, Vegetable Pasta Lasagna, dan Vegetable-Stuffed Acorn Squash, bisa jadi contoh sederhana.

 

Tukar karbohidrat dengan sayuran

Alih-alih pasta, cobalah mi zucchini, atau campurkan sayuran itu ke dalam biji-bijian untuk mendapatkan kombinasi yang lezat. Masukkan kembang kol ke dalam kulit piza atau nasi goreng. Bisa juga Gunakan irisan terong sebagai roti burger atau coba collard greens sebagai pengganti kulit makanannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement