Jumat 20 May 2016 07:45 WIB

Seblak Naik Kelas di Kopi Anjis Bandung

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Kedai Roti Gempol dan Kopi Anjis Bandung.
Foto: Republika/Adysha Citra R
Kedai Roti Gempol dan Kopi Anjis Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Nongkrong bersama sahabat di kafe biasanya tak lengkap tanpa didampingi berbagai hidangan yang lezat. Kebanyakan, kafe-kafe yang kini menjamur menawarkan kudapan moderen dari berbagai negara seperti spageti dari Italia hingga sushi dari Jepang.

Menu yang cukup berbeda ditawarkan Roti Gempol dan Kopi Anjis. Tempat nongkrong yang mencakup segala usia ini memilih untuk menonjolkan menu-menu jajanan khas dari Jawa Barat. Berbagai menu jajanan ala Jawa Barat yang biasanya hanya dijajakan di pinggir jalan, tampil menjadi kudapan yang cantik di atas piring sajian Roti Gempol dan Kopi Anjis.

"Kami ingin angkat camilan tradisional agar naik kelas," ungkap GM Operasional Roti Gempol dan Kopi Anjis Cabang Surya Sumantri Bandung, Long Ratna, pada Kamis (19/5).

Beberapa jajanan khas Jawa Barat yang 'dinaikkan kelasnya' melalui Roti Gempol dan Kopi Anjis ialah seblak dan cilok. Kudapan seblak, misalnya, disajikan sebagai menu seblak biasa dan juga dikreasikan menjadi kudapan mie dan nasi goreng. Selain itu, kafe ini juga menawarkan camilan tradisional berupa olahan pisang. Beberapa olahan pisang yang ditawarkan ialah pisang aroma dan juga 'pisang gemez'.

Roti Gempol dan Kopi Anjis pun menawarkan menu roti bakar yang menggunakan roti gempol asli Bandung. Long mengatakan kelebihan roti gempol ini terletak pada penggunaan bahan alami bebas pengawet. Selain itu, proses pembuatan roti gempol yang sudah ada sejak 1928 ini juga tetap mempertahankan pengolahan tradisional tanpa bantuan teknologi moderen.

"Pembuatannya masih tradisional. Tidak menggunakan mesin, masib menggunakan tangan," lanjut Long.

Beragam kudapan yang disajikan oleh Roti Gempol dan Kopi Anjis juga dilengkapi dengan berbagai kreasi sajian kopi. Seluruh kopi yang ditawarkan kafe ini menggunakan biji kopi lokal yang diambil langsung dari Sumatra. Variasi dari jenis kopi sanger atau kopi susu, yang ditawarkan Roti Gempol dan Kopi Anjis merupakan yang paling populer.

"Yang populer itu Kopi Sanger Nutella, Kopi Sanger Toblerone dan Kopi Sanger Avocado," terang Long.

Tak heran kini Roti Gempol dan Kopi Anjis sudah memiliki banyak cabang dan menjadi ialah satu tempat nongkrong ikonik di Bandung. Ada sekitar 150-200 pengunjung yang selalu mendatangi Roti Gempol dan Kopi Anjis Cabang Surya Sumantri setiap harinya. Paket wisata '1 Day Trip Exprore The Nature' yang ditawarkan oleh Ezy Travel pun menjadikan Roti Gempol dan Kopi Anjis sebagai tempat persinggahan dalam rute tur wisatanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement