Jumat 13 May 2016 06:43 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Sehari-hari

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Lidah buaya
Foto: ist
Lidah buaya

REPUBLIKA.CO.ID, Aloe vera atau lidah buaya merupakan tanaman tropis sekulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini mengandung mineral penting seperti tembaga, besi natrium, kalsium, seng, kalium, magnesium dan kaya akan vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, asam folat, B12, C dan E. Karena kaya akan nutrisi, lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat, baik sebagai obat maupun sebagai kosmetik.

Dilansir dari Prevention, berikut manfaat-manfaat dari lidah buaya.

Menyembuhkan luka ringan

Dalam sebuah studi menunjukkan lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka ringan dalam waktu delapan hari lebih cepat dari pemakaian obat kimia. Antibakteri, vitamin dan mineral yang ada didalamnya dapat meringankan eksim (melepuh) dan psoriasis (gatal).

Cara penerapannya pun sangat mudah dilakukan. Kupas lidah buaya dari kulitnya, ambil daging lidah buaya, lalu tempelkan pada luka dan diamkan sampai mongering. Lakukan secara rutin, luka akan cepat sembuh.

Menghilangkan lingkaran hitam pada bawah mata

Apakah anda memiliki mata rakun (racoon eyes)? Penggunaan lidah buaya sangat cocok untuk menghilangkan  lingkaran hitam pada bawah mata. Menurut Ildi Pekar, pendiri perawatan Eponymous Skin Care Line, penggunaan penghilang riasan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada bawah mata dapat membuat kulit kering, karena kandungan bahan kimianya.

Pekar merekomendasikan menggunakan  lidah buaya dengan memeras sesendok daging lidah buaya, lalu usapkan ke lingkaran hitam di bawah mata anda dengan kapas atau tisu. Lakukanlah secara rutin setiap malam, maka mata rakun akan hilang.

(baca: 5 Manfaat Cuka Sari Apel Bagi Kesehatan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement