Senin 09 May 2016 08:29 WIB

Ini Alasan Kamar Anak Harus Bebas Layar Apapun

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak menonton televisi
Foto: pixabay
Anak menonton televisi

REPUBLIKA.CO.ID, Pernah mendengar bahwa para pakar menyarankan sebaiknya di kamar tidur tidak boleh ada gadget. Baik itu televisi, komputer, laptop, telepon selular dan layar lainnya? Laman Life Hack, Senin (9/5) berikut ini memberikan penjelasan mengapa Anda harus melakukan itu.

Anak-anak yang di kamar tidurnya ada televisi, telepon selular, dan lainnya, akan berisiko menjadi anak yang cepat marah, suka murung, dan memiliki potensi mengembangkan gangguan perilaku dari kekurangan tidur atau dari layar yang mempengaruhi pola tidur dan kesehatan mereka. Emisi cahaya dari teknologi dapat menjadi berbahaya pada pengaturan jam bilogis internal manusia normal dan kemampuan kognitif.

Dan tergantung pada konten yang anak-anak tonton sebelum tidur itu dapat sangat mempengaruhi ketenangan pikiran mereka sampai tidur. Bahkan jika anak-anak tidak bergerak rutin sepanjang hari dan menonton televisi saja, tidur dan rutinitas mereka terganggu dan dapat menyebabkan masalah perilaku. Bahkan studi menunjukkan bahwa ada kaitan obesitas dan kemampuan akademis.

Aktris Kristen Bell menjadi pemberitaan ketika dia mengumumkan bahwa film Frozen (yang ditonton miliaran anak berulang)tak pernah ditonton oleh anaknya yang terlalu muda untuk sebuah tayangan televisi. Dosis yang sehat untuk waktu menonton atau screen time yang direkomendasikan untuk anak-anak adalah satu sampai dua jam per hari.

Bahkan anak-anak dibawah dua tahun tidak direkomendasikan mendapatkan screen time.

(baca: Jelang 50 Tahun, Janet Jackson Nantikan Anak Pertama)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement