Kamis 05 May 2016 10:16 WIB

Ini Sebabnya 4 Mei Ditetapkan Sebagai Hari Star Wars

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Aksi Darth Vader dan Stormtrooper pada Hari Star Wars, salah satunya, dengan mengunjungi anak-anak yang dirawat di RSCM.
Foto: dok Ogilvy
Aksi Darth Vader dan Stormtrooper pada Hari Star Wars, salah satunya, dengan mengunjungi anak-anak yang dirawat di RSCM.

REPUBLIKA.CO.ID, Tanggal 4 Mei adalah momen spesial bagi para penggemar Star Wars di seluruh dunia. Tapi, tahukah Anda kenapa 4 Mei ditetapkan sebagai hari Star Wars?

"Memang beberapa tahun belakangan sudah dianggap hari Star Wars sedunia, diadaptasi dari ungkapan ikonik 'may the force be with you'," ujar Julian Widjaja, anggota komunitas pecinta Star Wars, 501st Legion Indonesia Outpost, Rabu (4/5).

Ia mengungkap, kalimat epik itu lantas dipelesetkan jadi "May the Fourth" alias 4 Mei. Apalagi, sejarah mencatat bahwa pada tanggal 4 Mei 1979, Margaret Thatcher memenangkan Pemilu sebagai Perdana Menteri Wanita pertama di Inggris.

Kemenangan Margareth kemudian dipublikasikan media setempat dengan judul pemberitaan "May the Fourth Be With You, Maggie. Congratulations". Julian membeberkan, pemberitaan itu juga jadi bukti betapa Star Wars telah memberi pengaruh kuat pada rakyat Inggris.

 

Selain itu, lanjutnya, bulan Mei juga penuh hal penting bagi penggemar Star Wars. Sebanyak enam film live-action dari Star Wars saga diluncurkan pada bulan Mei (mulai dari Star Wars Original pada 25 Mei 1977).

Pada bulan yang sama, George Lucas sang pencipta Star Wars juga merayakan ulang tahun. Sutradara film, produser film, dan penulis skenario itu lahir tanggal 14 Mei 1944.

 

Kini, May the Fourth menjadi tradisi yang berakar setiap tahunnya. Para penggemar merayakan hari Star Wars melalui beragam kegiatan.

"Tahun ini, dalam rangka Star Wars Day, 501st Legion merayakannya dengan berbagi bersama para pasien di RSCM," kata Julian yang menginformasikan bahwa hari itu komunitasnya membawa serta karakter Darth Vader dan Stormtrooper untuk menghibur anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement