Senin 04 May 2015 17:39 WIB

Melihat Sejarah Star Wars Day

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Karakter dalam Star Wars Rebels
Foto: movie.net
Karakter dalam Star Wars Rebels

REPUBLIKA.CO.ID, -- Bagi anda pecinta film fiksi ilmiah, tentunya sudah tidak asing lagi dengan film Star Wars. Namun tahukah anda bila hari, tepatnya tanggal 4 Mei merupakan hari yang sangat istimewa untuk film ini?

Yap, tanggal 4 Mei dicanangkan sebagai Star Wars Day oleh fans untuk menghormati franchise Star Wars yang diciptakan oleh George Lucas.

Dilansir dari CNN, Senin (4/5), para fans menganggap tanggal 4 Mei sebagai hari libur untuk merayakan film seri waralaba, buku dan budaya.

Pemilihan 4 Mei bukannya tanpa alasan. Kalimat tersebut terdengar mirip dengan seri frase “May the Force be with you” di mana umumnya penggemar mengatakan, “May the fourth be with you”.

Referensi ini pertama kali digunakan pada tanggal 4 Mei 1979 yaitu hari dimana Margaret Thatcher menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris.

Partai politik Thatcher, Conservatives, menempatkan iklan ucapan selamat di The London Evening News yang menyatakan, “May the fourth Be With You, Maggie. Congratulations.”

Lalu apa saja yang biasa dilakukan fans di "Star Wars Day"? Berikut diantaranya:

1. Cosplay dengan teman

Di Toronto, Kanada, diadakan perayaan perayaan Star Wars Day yang menghadirkan musik, pertunjukan dan kesempatan untuk anda menjadi costume player (Cosplay) karakter favorit anda di film Star Wars.

2. Menonton Film Star Wars bersama fans lainnya

Tentunya menyaksikan film Star Wars menjadi agenda wajib. Bahkan sejumlah tempat 'hangout' di Amerika menawarkan tema dan konsep tersebut selama perayaan tersebut.

3. Kompetisi Cosplay

Selain menjadi cosplayer, biasanya ajang kumpul-kumpul itu dilanjutkan dengan kontes agar semakin menarik. Chicago’s Geek Bar Beta menawarkan kontes tersebut.

4. Menjadi Ajang Amal

UNICEF dan Lucasfilm/Disney telah bekerjasama dengan beberapa band untuk mendorong para penggemar, tua dan muda, bergerak dan membantu anak-anak yang membutuhkan.

5. Tinggal di rumah dan mengadakan pesta Anda sendiri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement