Kamis 05 May 2016 10:01 WIB

Darth Vader Jenguk Anak-anak Sakit di RSCM

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Dalam rangka Star Wars Day, komunitas 501st Legion Indonesia Outpost menyambangi anak-anak yang sedang dirawat di RSCM.
Foto: dok Ogilvy
Dalam rangka Star Wars Day, komunitas 501st Legion Indonesia Outpost menyambangi anak-anak yang sedang dirawat di RSCM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karakter dari film Star Wars menyambangi RSUPN dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Rabu (4/5). Mereka menghibur para pasien rumah sakit dengan berbagai kegiatan seru.

Tiga karakter itu, yakni satu Darth Vader dan dua Stormtroopers, mendampingi pasien anak-anak mewarnai bersama, menggelar story telling, dan sesi foto. Kehadiran mereka di RSCM juga menjadi peringatan 'May The Fourth'​ yang dikenal sebagai Star Wars Day setiap tanggal 4 Mei.

"Kami memang selalu mengadakan charity untuk memeringati hari Star Wars. Tahun ini pertama kalinya kami melakukan hospital visit," kata Julian Widjaja, anggota komunitas 501st Legion Indonesia Outpost yang menggagas kegiatan itu.

 

Julian menjelaskan, 501st Legion Indonesia Outpost adalah komunitas penggemar Star Wars di Indonesia sekaligus bagian dari organisasi kostum internasional. Uniknya, kostum karakter yang dimiliki anggota komunitas yang tersebar di seluruh dunia itu hanya tokoh antagonis dalam Star Wars.

Justru, tutur Julian, kondisi itu disinkronkan dengan semboyan yang mereka usung. 501st Legion di seluruh dunia, termasuk cabang Indonesia, melakukan apa yang disebut 'bad guys doing good' alias tokoh antagonis melakukan kebaikan.

Karena itu, Julian dan delapan anggota lainnya selalu mencari cara untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung. Sejak berdiri di tahun 2011, 501st Legion Indonesia Outpost konsisten melakukan bakti sosial, donasi dana, donor darah, dan banyak kegiatan sosial lain.

"Hari ini, pada sesi pertama kami mengadakan acara terbuka di lobi RSCM dan membagikan bingkisan kepada lebih dari 100 pasien rawat jalan. Selanjutnya, kami berkeliling menjenguk pasien rawat inap dan membagikan sekitar 80 bingkisan," ujar Julian.

Salah satu peserta, Yudhitia Nugraha (14) asal Cipayung mengaku sangat senang dan terhibur mengikuti kegiatan itu. Siswa kelas dua SMP yang menyandang difabel daksa itu memang sedang bertandang ke RSCM menemani adiknya yang sakit bersama sang nenek.

Demikian pula dengan Elayah (37) yang terlihat mendampingi putrinya, Hanna Latifah (7). Meski Hanna bukan penyuka fanatik film fiksi ilmiah Star Wars, Elayah mengatakan putrinya sangat menikmati acara itu.

"Bagus untuk hiburan anak-anak, apalagi anak saya suka mewarnai. Dengan diadakan di rumah sakit juga jadi bantu menyemangati pasien anak yang sakit," ujar perempuan berdomisili Bekasi yang pergi ke rumah sakit mengantar kakak dan ponakannya berobat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement