Kamis 05 May 2016 07:16 WIB

Eric Kayser Kenalkan Beragam Roti Khas Prancis

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Eric Kayser
Foto: Republika/Adysha C Ramadhani
Eric Kayser

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak ragam roti khas Prancis yang menggugah selera. Keragaman roti Prancis ini dihadirkan juga oleh ahli pembuat roti Eric Kayser, melalui Eric Kayser Le Restaurant du Boulanger di Plaza Indonesia.

Ada sekitar 50 variasi kue tart hingga kue otentik khas Prancis serta lebih dari 25 jenis pastries dan brioches yang ditawarkan Eric. Tak ketinggalan, Eric pun menyajikan berbagai sandwich lezat hingga beragam roti khas Prancis seperti baguette, Monge baguette, Assas loaf, hingga Malsherbes baguette dan Odeon loaf.

Tiap ragam roti khas Prancis ternyata memiliki cara menyantapnya tersendiri. Roti gandum Monge, misalnya, memiliki tekstur renyah di luar dan lembut serta berongga di dalam. Dengan cita rasa yang terus tertinggal di dalam mulut serta tekstur yang elastis, Roti gandum Monge dapat dikombinasikan atau dihidangkan bersama dengan berbagai masakan lainnya.

Selain itu, ada pula jenis roti tradisional tourte de meule. Roti yang terbuat dari tepung meule ini memiliki rasa yang segar dengan sentuhan rasa madu serta terasa kuat di lidah. Roti tourte de meule ini cocok dipadukan dengan daging domba, foie gras atau hati angsa serta masakan yang bercita rasa ringan.

Ada pula jenis roti Rye yang terbuat dari tepung yang berasal dari gandum hitam (rye).  Roti ini cocok dihidangkan sebagai teman minum teh saat bersantai. Cita rasa roti rye sangat lezat jika dipadukan dengan madu, selai, keju atau pun hidangan laut.

"Kenali roti yang tepat untuk berbagai momen," pesan Eric saat ditemui di Eric Kayser Le Restaurant du Boulanger, Plaza Indonesia.

Dari beragamnya cara menikmati roti khas Prancis, Eric mengungkapkan ada satu prinsip utama dari roti Prancis. Prinsip tersebut, lanjut Eric, ialah berbagi.

Satu buah roti baguette misalnya, dapat dipotong menjadi lima bagian dan dibagikan kepada teman atau keluarga. Roti tersebut dapat dinikmati bersama-sama dengan cara yang paling sederhana sekali pun, seperti mencelupkan potongan baguette ke dalam secangkir kopi.

"Berbagi. Itu yang paling penting. Berbagi itu sangat penting," pesan Eric.

(baca: Kaminabe, Hot Pot ala Jepang yang Dimasak di Atas Kertas)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement