Senin 02 May 2016 07:07 WIB

Telusur Gua dan Bermain Air di TN Bantimurung Bulusaraung

Air terjun Bantimurung di kawasan TN Bantimurung Bulusaraung
Foto:
Kawasan Gua Batu, Bantimurung

Sebelum masuk ke dalam gua, Anda harus berbekal senter karena di dalam gua sangat gelap. Tapi jangan khawatir, karena senter sudah disiapkan oleh pemandu wisata. Iwan, salah satu pemandu wisata menunjukkan berbagai 'pahatan alami' di dinding gua. "Itu ada yang seperti mahluk sedang duduk sambil menekuk lututnya," katanya sambil menyoroti cahaya senter di salah satu dinding gua. Dalam gua juga terdapat sumber mata air yang tak pernah kering. 

Jika ingin lebih menguji nyali, gua-gua vertikal lainnya bisa didatangi. Salah satunya, Kawasan Leang Pute (gua putih). Gua vertikal ini menganga lebar dan dalam sehingga memacu adrenalin para petualang. Lebar mulut gua ini mencapai 50 hingga 80 meter. Kedalamannya mencapai 263 meter. Leang Puteh ini merupakan gua vertikal  single pitch terdalam di Indonesia. 

Kepala TN Babul, Sahdin Zunaidi mengatakan, untuk melakukan telusur gua di kawasan ini sudah mempunyai SOP tersendiri. Perlengkapan keselamatan di antaranya tali, pelampung dan alat-alat lainnya sudah disediakan. "Keamanan salah satu yang menjadi perhatian pengunjung terutama turis asing. SOP keamanan kami sudah ada, harapannya agar bisa lebih menarik pengunjung datang," katanya belum lama ini. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement