Senin 02 May 2016 07:07 WIB

Telusur Gua dan Bermain Air di TN Bantimurung Bulusaraung

Air terjun Bantimurung di kawasan TN Bantimurung Bulusaraung
Foto: Andi Nur Aminah/Republika
Air terjun Bantimurung di kawasan TN Bantimurung Bulusaraung

REPUBLIKA.CO.ID, Air terjun Bantimurung, sudah lama menjadi destinasi favorit warga Sulawesi Selatan. Air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul). Menjangkaunya sangat mudah, cukup 30 menit dari Bandara Sultaj Hasaudddin, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Selain terkenal dengan keindahan air terjunnya, kawasan  ini juga memiliki aneka potensi wisata. Kalau gemar berpetualang, tempat ini sangat cocok. Bisa menikmati kesejukan airnya, bisa menelusuri sejumlah gua sambil menikmati kicauan burung, juga menikmati potensi wisata flora dan fauna terutama kupu-kupunya. 

Untuk masuk areal ini, Anda cukup membayar Rp 25 ribu per orang. Dari pintu masuk, cukup berjalan kaki sekitar 300 meter, air terjun Bantimurung sudah membentang di depan mata. 

Di kawasan TN Babul memiliki sediktnya 257 gua. Sebanyak 216 adalah gua alam, dan 41 gua prasejarah. Terdapat 14 gua vertikal yang kedalamannya lebih dari 100 meter. Nah, gua-gua yang tidak begitu sulit yang tak jauh dari air terjunnya antara lain gua batu dan gua mimpi. 

Untuk menjangkau gua batu, cukup mudah. Sejumlah anak tangga sudah dibangun menuju puncak gua, dan jalur perjalanannya pun sudah diratakan. Dari pusat air terjun, butuh waktu sekitar 30 menit saja untuk menuju gua batu. Saat tiba di gua tersebut ada sejumlah stalaktit dan stalakmit yang dipahat alami oleh alam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement