Selasa 19 Apr 2016 07:31 WIB

Alasan Sundari Soekotjo Kolaborasikan Keroncong dengan Elektronik

Rep: MG ROL 65/ Red: Hazliansyah
Dwiki Dharmawan (kiri) dan Sundari Soektotjo (tengah) memberi keterangan jelang konser Senandung Keroncong Indonesia
Foto: dok: IST
Dwiki Dharmawan (kiri) dan Sundari Soektotjo (tengah) memberi keterangan jelang konser Senandung Keroncong Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musik jenis elektronik atau lebih akrab disebut EDM (Electronic Dance Music) kini sangat digandrungi generasi muda Indonesia. Atas fenomena ini, musisi keroncong Indonesia, Sundari Soekotjo mencoba membuat inovasi dengan mengkolaborasikan musik keroncong dengan musik elektronik.

Saat ditemui di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, musisi keroncong berusia 51 tahun ini mengaku akan berkolaborasi dengan salah satu Disc Jockey (DJ) Indonesia, Wingky Wiryawan dalam konsernya bertajuk Senandung Keroncong Indonesia 21 April mendatang. Selain Wingky, ia juga menggaet Topan Tofano dan Evan Virgan.

"Ini adalah tantangan baru bagi saya dan para DJ. Saya dengan Wingky sebelumnya telah melakukan pertemuan. Setelah musiknya jadi, ternyata menjadi musik yang sangat unik," ujar Sundari, Senin (18/4).

Sundari mengaku adanya kolaborasi unik ini tercipta atas prakarsa sang anak, Intan Soekotjo yang mulai mendalami musik pop keroncong.

"Awalnya saya itu orangnya Idealis. Karena mendapatkan masukan dari anak saya untuk membuka diri dengan jenis musik lainnya. Setelah dicoba, ternyata hasilnya memuaskan dan animonya juga positif," tambahnya.

Dwiki Dharmawan selaku pengiring dalam konser 40 Tahun Berkarya Sundari Soekotjo mengatakan bahwa dengan kolaborasi ini bisa menarik minat generasi muda terhadap musik keroncong.

"Diperlukan sebuah keterbukaan baik dari musik elektronik maupun musik keroncong. Sebenarnya disinilah peran orkestra, sebagai jembatan untuk kedua jenis musik ini. Semoga anak muda bisa lebih meminati keroncong," Kata Dwiki di saat bersamaan.

Kolaborasi unik ini bisa anda saksikan dalam Konser Sundari Soekotjo yang bertajuk Senandung Keroncong Indonesia dalam rangka memeringati 40 tahun eksistensinya di musik Keroncong.

Rencananya, konser akan diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Theater pada 21 April mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement