Senin 18 Apr 2016 14:29 WIB

Ssttt... Ini 10 Peradaban di Dunia yang Hilang Secara Misterius, Apa Saja?

Sisa-sisa peradaban Nabatean
Foto:
Sisa-sisa peradaban Minoa di Pulau Kreta, Yunani

8. Peradaban Lembah Sungai Indus (3.300-1.300 SM di Pakistan dan India) 

Peradaban  Lembah Sungai Indus adalah salah satu peradaban besar yang telah hilang dan berada di daerah yang sekarang Pakistan dan India barat. Ini adalah salah satu peradaban kuno yang paling penting.

Tapi sedikit yang diketahui tentang mereka, terutama karena tak seorang pun pernah menguraikan bahasa mereka. Kita tahu bahwa orang-orang membangun lebih dari seratus kota dan desa, termasuk kota-kota Harappa dan Mohenjo-Daro.

Masing-masing memiliki sistem pembuangan limbah dan sanitasi dalam ruangan sendiri. Tampaknya peradaban ini tanpa kelas dan tanpa tentara unggul dalam astronomi dan pertanian. Itu juga peradaban pertama yang memproduksi pakaian katun.

Peradaban ini lenyap 4.500 tahun yang lalu dan tidak ada yang tahu tentang hal itu sampai reruntuhan digali pada 1920-an. Beberapa teori yang berusaha menjelaskan hilangnya peradaban ini, yaitu perubahan di lingkungan mereka seperti pengeringan sungai Ghaggar Hakra, dingin dan lebih kering suhu.

Teori lain adalah bahwa bangsa Arya menyerbu wilayah ini sekitar 1.500 SM.

 

7. Peradaban Minoa (3.000-630 SM di Pulau Kreta, Yunani) 

Peradaban Minoan tidak ditemukan sampai awal abad 20. Tetapi sejak ditemukan banyak petunjuk tentang peradaban ini menarik muncul bahwa ada sekitar 7000 tahun yang lalu dan mencapai puncaknya sekitar 1.600 SM.

Selama perjalanan waktu, kota-kota dan istana dibangun dan dibangun kembali menjadi semakin kompleks. Salah satunya adalah bahwa istana Knossos, terdapat labirin yang berhubungan dengan legenda Raja Minos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement