Senin 18 Apr 2016 14:29 WIB

Ssttt... Ini 10 Peradaban di Dunia yang Hilang Secara Misterius, Apa Saja?

Sisa-sisa peradaban Nabatean
Foto:
Peninggalan peradaban Olmec

4. Peradaban Olmec (1.400 SM di Meksiko)

Ada sekali berkembang peradaban pra-Columbus yaitu peradaban  Olmec. Jejak pertama peradaban tanggal kembali ke 1.400 SM. Di kota San Lorenzo, ada satu dari tiga pusat utama dari Olmec, selain Tenochtitlan dan Potrero Nuevo.

Salah satu yang ditemukan di situs tersebut monumen besar kepala batu raksasa. peradaban ini meletakkan dasar dari semua budaya Mesoamerika yang diikuti. Hal ini diyakini bahwa Olmecs adalah yang pertama untuk mengembangkan sistem penulisan, mereka mungkin akan menemukan kompas dan kalender Mesoamerika.

Mereka tahu penggunaan pertumpahan darah, melakukan pengorbanan manusia dan menemukan konsep angka nol. peradaban ini tidak ditemukan oleh sejarawan sampai pertengahan abad ke-19.

Penurunan peradaban ini terjadi karena perubahan iklim yang disebabkan oleh letusan gunung berapi, gempa bumi atau praktek pertanian yang mungkin berbahaya.

 

3. Peradaban Nabatean (600 SM di Yordania) 

Peradaban Nabataean berkembang di Yordania selatan, wilayah Kanaan dan Arab utara dari abad 6 SM. Semit membangun kota yang menakjubkan di Lembah Petra, tebing batu pasir yang diukir dari Pegunungan Jordan.

Kami juga tahu tentang bakat mereka dalam hidrolik dan sistem yang kompleks mereka bendungan, kanal dan waduk yang memungkinkan mereka untuk tumbuh di daerah gurun.

Tidak ada catatan tertulis tentang mereka dan juga tidak mengetahui dengan dekat mengenai kebudayaan mereka. Selama abad ke-4 SM, masyarakat Nabataean meninggalkan Petra dan tidak ada yang tahu mengapa.

Bukti arkeologi menunjukkan bahwa keberangkatan mereka tidak terburu-buru, yang menunjukkan bahwa mereka tidak melarikan diri dari penjajah. Hal ini diyakini bahwa migrasi ke utara terjadi untuk mencari pekerjaan yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement