Senin 18 Apr 2016 07:29 WIB

Pesona Geopark Ciletuh Sukabumi

Geopark Ciletuh
Foto: Google
Geopark Ciletuh

Kepala Puslit dan Kebencanaan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Unpad, Mega Fatimah Rosana  menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat telah mulai meneliti kawasan Ciletuh sejak 2005. Dan sejak 2014 Pemerintah Kabupaten Sukabumi mulai tertarik mengembangkan kawasan Geopark Ciletuh.

Pada November 2015, Geopark Ciletuh resmi dikukuhkan sebagai Geopark Nasional oleh Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Kementerian ESDM. Kini, Geopark Ciletuh ditargetkan dapat diresmikan sebagai Geopark Internasional atau Global Geopark pada 2017 mendatang.

"Di Indonesia saat ini ada enam geopark, empat di antaranya geopark nasional dan dua sudah menjadi geopark internasional. Yang sudah menjadi geopark internasional adalah Gunung Batur di Bali dan Gunung Sewu," katanya saat pelepasan '21 Kartini Goes to Ciletuh Geopark'.

Meski demikian, ia menegaskan, upaya meraih status geopark internasional ini bukanlah tujuan akhir dari keterlibatan Unpad dalam memperkenalkan kawasan Ciletuh. "Geopark Ciletuh mengusung tema 'Memuliakan Bumi, Menyejahterakan Masyarakat'. Jadi kita berharap bahwa dengan semakin dikenalnya Ciletuh maka kelestarian alamnya akan lebih terjaga dan masyarakatnya jadi lebih sejahtera," katanya.

Dekan Fakultas Teknik Geologi Unpad, Vijaya Isnaniawardhani mengatakan, arah penelitian Unpad saat ini adalah memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan, apa yang diupayakan ini dapat berkontribusi langsung kepada masyarakat serta membawa nama baik Unpad," ujar Vijaya yang oleh Rektor Unpad ditunjuk sebagai ketua tim untuk pengembangan wilayah Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Ketua Panitia Kartini Ciletuh dari Kreasindo Komunika, Juston Pangaribuan, menyebutkan ke-21 wanita peserta kegiatan tersebut memiliki kesamaan. Mereka memiliki kelembutan jiwa namun menyukai petualangan dan berani mencoba ke luar dari rutinitas keseharian mereka. Para Kartini modern ini akan mendatangi sejumlah lokasi Ciletuh Geopark. 

Lokasi itu, Curug Awang, Curug Tengah, Puncak Manik, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, dan Curug no name. Saat perjalanan menuju Puncak Dharma, di lokasi itu akan ditancapkan Bendera Merah Putih.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement