Ahad 17 Apr 2016 20:13 WIB

Museum Toilet? Seperti Ini Koleksinya

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Museum Toilet di India
Foto: Amuzingplanet
Museum Toilet di India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Coba sebutkan museum apa saja yang sudah pernah Anda kunjungi? Apakah museum toliet pernah masuk dalam pikiran Anda untuk sewaktu-waktu menjadi daftar kunjungan?

Di pinggiran kota New Delhi, India, ada sebuah bangunana yang didedikasikan untuk menyimpan pelbagai jenis toilet yang pernah ada di dunia. Sulabh International Museum of Toilet menjadi satu-satunya museum yang di dunia yang mengisi koleksinya dengan rangkain toliet.

Pendirian museum toilet ini diprakasari atas dasar untuk membangkitkan kesadaran masyarakat India tentang kebiasaan buang air besar di tempat yang bersih dan sehat. Hingga saat ini masyarakat India masih terbentur dengan kebiasaan BAB di tempat terbuka.

Museum yang terletak di kantor organisasi Sulabh International ini mengajak pengunjung menelusuri sejarah dan pengembangan sistem toilet di seluruh dunia. Museum ini menghadirkan toilet dari toilet bata permukiman Harappa kuno dekat Pakistan, lima ribu tahun yang lalu, kemudian toilet melalui Abad Pertengahan sampai pada toilet modern dengan elektrik dikendalikan sistem flush.

Dikutip dari Amusingplanet, Ahad (17/4), salah satau koleksi yang paling berharga di musem ini merupakan pot siram yang dirancang pada 1596 oleh Sir John Harrington. Toilet yang digunakan Ratu Elizabeth I ini dihiasi taburan permata Ratu Victoria, meja toilet dari Inggris dan beberapa lemari baju dari Austria. 

The Sulabh International Museum of Toilet dibuka pada 1992. Dan sejak saat itu telah menyambut sekitar 100 ribu pengunjung.A

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement