Selasa 05 Apr 2016 07:48 WIB

Wanita yang Suka Pria Cerdas, Cenderung Benci Matematika

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Hubungan pria dan wanita
Foto: pixabay
Hubungan pria dan wanita

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah studi yang sangat menarik menemukan, wanita yang tak suka dengan matematika, cenderung menyukai pasangan yang cerdas dan pintar. Disinyalir ada hubungan antara keduanya.

Wanita yang menjadi partisipan dalam studi ini menunjukkan nilai matematika yang buruk saat menjalani tes. Mereka juga menunjukkan minat yang kurang dalam ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika (science, technology, engineering, and math atau STEM).

"Apa yang kami temukan adalah tidak semua wanita menunjukkan reaksi sama mengenai romantisme," kata Lora Park dari University at Buffalo di Amerika Serikat.

Studi Park diterbitkan dalam Journal of Applied Psychology Sosial. Ia mengemukakan, wanita yang ingin berkencan dengan seseorang yang lebih pintar dari dirinya akan menjauhkan diri dari bidang STEM.

 

Studi ini melibatkan lebih dari 900 partisipan yang menjalin hubungan dengan pasangan yang lebih cerdas. Partisipan akan menunjukkan ketertarikan dengan jenjang karier yang berhubungan dengan feminisme, seperti pekerjaan sosial atau pekerjaan yang terkait pendidikan dasar.

Hasil penelitian menunjukkan, setiap mereka diberikan hal-hal berbau romantis, kinerja matematika mereka akan semakin memburuk. Namun hal ini tidak berlaku untuk laki-laki.

"Sungguh menarik, wanita yang tidak memilih pasangan cerdas cenderung menunjukkan hasil STEM yang baik," jelas Park, dilansir dari Times of India.

(baca: 4 Kebohongan yang Rusak Hubungan Percintaan)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement