Ahad 13 Mar 2016 14:29 WIB

Foto Pernikahan John Lennon yang Hilang Puluhan Tahun Ditemukan

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Foto John Lennon dan Yoko Ono
Foto: EPA
Foto John Lennon dan Yoko Ono

REPUBLIKA.CO.ID, Sebanyak 118 foto eksklusif pernikahan John Lennon dan istrinya, Yoko Ono, hilang secara misterius. Diperkirakan, seluruh foto tersebut jika dijual bisa bernilai lebih dari 100 ribu euro.

Meski Ono telah menyewa detektif terbaik, pencarian foto-foto tersebut tetap nihil selama beberapa dekade. Namun, baru-baru ini diketahui foto-foto Lennon ternyata diperjualbelikan oleh seorang penulis biografi The Beatles asal AS yang menetap di Thailand bernama Geoffrey Giuliano.

Dilansir dari Daily Mail, Giuliano menawarkan negatif film foto-foto Lennon kepada jurnalis Daily Mail yang menyamar sebagai seorang kolektor. Setelah mengirim bukti kepemilikan, Giuliano meminta calon pembeli untuk mentransfer sejumlah uang, namun membatalkannya karena menaruh curiga pada jurnalis tersebut.

Ia mengatakan berani menjual benda bersejarah itu karena fotografer aslinya, David Nutter, telah meninggal dunia. Tentu saja Nutter saat dihubungi, masih hidup dan marah ketika tahu karyanya dijual secara ilegal.

"Ini menyakitkan. Foto itu karya terbaik saya. Saya sangat marah," ujar Nutter, di rumahnya, di New York, Amerika Serikat.

Pengambilan foto itu dilakukan beberapa bulan sebelum rilis album Abbey Road milik The Beattles. Nutter saat itu dipanggil untuk melakukan 'misi rahasia ' di Gibraltar.

"Lennon meminta saya terbang ke Gibraltar, namun ia tidak mengatakan untuk apa. Saya hanya diminta membawa kamera," jelasnya.

Untuk menghindari paparazzi di London, Lennon dan Ono membuat acara pernikahan mereka tertutup untuk umum. Setelah gagal menikah di sebuah kapal feri di Paris, mereka memutuskan menikah di Gibraltar.

"Upacara pernikahannya sangat singkat. Mereka membiarkan saya mengambil foto apapun," tutur Nutter.

Beberapa gambar menunjukan keintiman Lennon dengan Ono di Gibraltar, saat upacara pernikahan pada 1969. Gambar lain menunjukkan keduanya sedang bercengkrama di dalam sebuah limosin.

Namun bencana itu datang pada 1975, ketika ia meminjamkan negatif film foto-foto pernikahan Lennon pada Anthony Fawcett, mantan asisten Lennon. Ketika Nutter meminta negatif tersebut, Fawcett mengatakan semuanya telah dicuri di apartemennya.

Setelah identitas Giuliano, sang pencuri, diketahui, negatif film foto pernikahan Lennon bisa diambil kembali. Namun, Ono enggan memberikan komentar terkait hal ini.

(baca: Pengadilan Video Porno Hulk Hogan Dimulai)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement