Selasa 08 Mar 2016 09:34 WIB

10 Pura di Bali yang Wajib Dikunjungi

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Pura Besakih
Foto: Antara
Pura Besakih

REPUBLIKA.CO.ID, Belum ke Bali rasanya jika tidak mengunjungi setidaknya satu di antara sekian banyak pura yang tersebar di Pulau Dewata. Tempat peribadatan masyarakat Hindu itu diperkirakan jumlahnya lebih dari 20 ribu dan menjadi ciri khas budaya unik masyarakat Bali.

Tentunya akan sangat sulit jika pelancong ingin mengunjungi seluruh pura di Bali. Akan tetapi, terdapat beberapa pura yang sangat layak dikunjungi.

Sejumlah pura bisa ditempuh dalam satu perjalanan seperti Pura Gunung Kawi dan Tirta Empul yang lokasinya berdekatan. Berikut adalah beberapa pura yang wajib Anda kunjungi seperti dilansir dari About Travel.

Pura Besakih

Pura Besakih kerap dijuluki "Ibu Pura" dan menjadi pura paling suci di Bali. Pura Besakih terletak di kaki Gunung Agung, Bali Timur. Kompleks pura itu terdiri atas 23 pura yang bahkan sudah berdiri sejak abad ke-10 masehi. Sumbu utama Pura Besakih satu garis lurus dengan puncak Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi sekaligus tersuci di Bali.

Pura ini terhindar dari kehancuran dalam erupsi Gunung Agung pada 1963. Pura Besakih kini menjadi salah satu obyek wisata utama turis dan juga masih menjadi tempat sembahyang masyarakat Hindu Bali.

Pura Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi terletak sekitar 1,5 kilometer di selatan Tampaksiring. Pura berjuluk "Lembah Para Raja" itu terletak di sebuah ngarai yang dikelilingi persawahan. Terdapat aliran sungai Pakerisan tak jauh dari lokasi tersebut. Batu tebing di ngarai tersebut dipahat menjadi tempat peribadatan sekaligus untuk menghormati raja dan ratu pada abad ke-11.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement