Rabu 02 Mar 2016 07:48 WIB

Kacang Mete Bali Raih Penghargaan dari Amerika

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah
Kacang Mete
Foto: wikipedia.org
Kacang Mete

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kacang mete produksi Bali Timur, Indonesia raih penghargaan dari US Departement Of State. Bali Timur mendapatkan penghargaan  Award Corporate Excellence dalam kategori usaha kelas kecil dan menengah (UKM). 

Dilansir dari State.gov, kacang mete produksi Bali Timur tersebut dinyatakan memenangkan salah satu kategori dari enam kategori yang di selenggarakan oleh Amerika. Kacang mete sendiri menjadi pemenang karena memenuhi syarat dari kategori perlindungan lingkangan.

Wakil Seketaris ACE, Antony Blinken mengatakan, produksi kacang mete tersebut melibatkan 350 masyarakat pedesaan setempat. Sebanyak 85 persen di antaranya merupakan pekerja perempuan yang sebelumnya menganggur.

Blinken menilai, konsep produksi kecil dan menengah seperti ini bisa meningkatkan kualitas produksi pertanian lokal dan juga kemajuan teknologi dalam proses metode penanaman hingga masa panen. Dari usaha ini, Blinken mengatakan, Bali Timur setidaknya bisa menyelamatkan kebutuhan kesehatan dan pendidikan lebih dari 800 anak anak dan perempuan.

Selain Indonesia, negara seperti Vietnam juga mendapatkan penghargaan dengan menunjukan komitmennya untuk memberikan pelatihan bagi 12 ribu petani dalam teknik produksi yang berkelanjutan. Vietnam sendiri telah membangun sekolah bagi masyarakat pedesaan dan bisa menyelamatkan 13 ribu anak pertahun.

Selain itu, Uruguay juga masuk dalam daftar pemenang dalam kategori ketahanan lingkungan. Salah satu perusahaan hutan di Uruguay membangun fasilitas energi bersih yang mampu memasok listrik untuk 40 ribu penduduk.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement