Selasa 01 Mar 2016 07:55 WIB

Cerita Sayuran Bisa Jadi Jurus Ampuh Anak Makan

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Anak makan
Foto: ist
Anak makan

REPUBLIKA.CO.ID, Anak ibu susah makan? Tidak perlu khawatir, anak-anak memang cenderung agak sulit untuk menaati jam makan mereka.

Pakar gaya hidup Grace Judio-Kahl mengatakan, pada anak di usia tertentu wajar jika terjadi kesulitan untuk makan. Bukan karena anak tersebut tidak doyan makan, tapi anak yang selalu ingin aktif membuat mereka ingin bergerak.

"Pikirannya main saja, makanya waktu makan harus dibuat semenyenangkan mungkin," ujar Grace.

Kegiatan makan harus dibalut suasana menyenangkan agar anak tidak melupakan asupan bagi tubuhnya. Apalagi bagi anak di bawah lima tahun yang memang sedang asik-asiknya menjelajahi setiap jengkal tempat yang diinjaknya.

Ibu bisa saja menjadikan waktu makan sebagai waktu mendongeng. Menggunakan makanan sebagai tokoh cerita yang dihubungkan dengan manfaat dari makan-makan tersebut.

"Saat makan buat cerita, tentang sayur sedang apa dan melawan penjahat yaitu kuman. Banyak buat metafor saat makan," kata Grace.

Ibu harus memperkaya data tentang manfaat dari jenis-jenis makanan yang dikonsumsi anak. Dengan begitu, di samping kegiatan makan terasa menyenangkan, anak-anak pun secara tidak langsung sedang diedukasi.

(baca: Sayuran yang Digoreng Lebih Efektif Cegah Kanker)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement