Senin 29 Feb 2016 16:19 WIB

Film Dokumenter Amy Winehouse Ungguli Senyap

Rep: Fira Nursyabani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Amy Winehouse meninggal akibat keracunan alkohol pada tahun 2011.
Foto: AP
Amy Winehouse meninggal akibat keracunan alkohol pada tahun 2011.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Amy berhasil meraih Piala Oscar 2016 untuk kategori Best Documentary Feature. Film mengisahkan  penyanyi eksentrik Amy Winehouse yang meninggal dunia 2011 silam ini mengungguli sejumlah film dokumenter lain, termasuk Senyap (Look of Silence) dari Indonesia.

Dilansir dari Entertainment Weekly, film yang digarap oleh sutradara Asif Kapadia dan produser James Gay-Rees ini menceritakan tentang kehidupan penyanyi Back to Black itu dari awal karirnya pada akhir 90-an, hingga kematiannya.

"Film ini seluruhnya tentang Amy, tentang bagaimana memberitahu dunia siapa dia sebenarnya. Amy adalah seorang gadis manis, lucu, pintar, yang perlu kita kenang," jelas Kapadia.

Dalam pidato kemenangannya, Gay-Rees mengatakan, piala Oscar yang diterimanya didedikasikan untuk seluruh penggemar Amy di dunia, yang terus mencintai Amy hingga saat ini.

"Dia adalah gadis yang kuat dan memiliki kepribadian luar biasa," kata dia.

Selain Senyap, Amy berhasil mengungguli empat film dokumenter lainnya. Di antaranya Cartel Land dari Meksiko, Winter of Fire, Ukraine's Fight for Freedom, What Happened, dan Miss Simone.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement