Selasa 23 Feb 2016 08:40 WIB

Gawai Kurangi Kemampuan Anak Berinteraksi Sosial

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
(Dari kiri ke kanan) Ilustrator Inez Tiara, Penulis Buku Screen Time Tascha Liudmilla, dan Psikolog Anak Elizabeth Santosa berfoto bersama dalam peluncuran buku di Jakarta.
Foto: Republika/Ahmad Fikri Noor
(Dari kiri ke kanan) Ilustrator Inez Tiara, Penulis Buku Screen Time Tascha Liudmilla, dan Psikolog Anak Elizabeth Santosa berfoto bersama dalam peluncuran buku di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, Psikolog Anak dan Pendidikan Elizabeth Santosa mengaku banyak efek negatif yang timbul jika anak terlalu banyak berkutat depan layar televisi atau gawai.

Bahaya yang timbul yakni radiasi dari layar elektronik ke mata. Anak yang sering membungkuk dalam bermain gawai juga bisa mengalami gangguan pertumbuhan tulang punggung. Kurangnya aktivitas fisik juga bisa berdampak pada obesitas.

Ia menyampaikan hal itu di sela-sela peluncuran buku Screen Time karya Tascha Liudmilla, beberapa waktu lalu.

Psikolog yang kerap disapa Lizzie itu mengaku, banyak aplikasi bagus dalam ponsel pintar yang bisa membantu tumbuh kembang anak. Akan tetapi, ada hal yang dikorbankan yakni interaksi sosial.

Lizzie mengatakan, dampak minimnya interaksi sosial anak akan sulit berteman dengan baik.

"Ada dua faktor yang menyebabkan anak-anak ketagihan berlama-lama di depan layar gawai. Orang tua yang tak sadar mengabaikan anak akibat sibuk dalam dunia layar elektroniknya dan orang tua yang kurang memahami bahaya paparan layar elektronik," ujar Lizzie.

Pada 2011, American Academy of Pediatrics merekomendasikan anak di bawah usia dua tahun sama sekali tidak boleh menonton televisi. Sedangkan anak yang berusia lebih besar maksimal mendapat screen time dua jam dalam sehari.

Lizzie mengatakan, buku Screen Time bisa menjadi media yang bagus agar anak dan orang tua bisa memahami persoalan tersebut.

Problematika anak dan gawai serta televisi pada akhirnya kembali pada kemauan orang tua untuk menerapkan aturan baru. Seperti catatan yang diselipkan di bagian sampul belakang buku Screen Time, "Jangan beli buku ini kecuali Anda sudah siap menjauhkan anak dari gawai dan menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement