Selasa 23 Feb 2016 07:11 WIB

Studi Ungkap Cara Sederhana Jadi Bahagia

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Bercengkerama di alam terbuka ternyata lebih sanggup meningkatkan kebahagiaan dibanding aktivitas lain.
Foto: pixabay
Bercengkerama di alam terbuka ternyata lebih sanggup meningkatkan kebahagiaan dibanding aktivitas lain.

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang ingin bahagia, tetapi kadang tak tahu bagaimana caranya. Sejumlah orang justru mencari kebahagiaan di tempat-tempat yang salah.

Penelitian terbaru menyebutkan, istirahat dan relaksasi bukan cara untuk menjadi bahagia. Justru, kegiatan seperti berolahraga atau mengunjungi perpustakaan dinilai lebih efektif.

Sebuah studi bersama yang dilakukan oleh University of Sussex dan London School of Economics mengonfirmasi hal itu. Mereka merilis daftar 33 aktivitas yang membuat manusia bahagia.

Dari daftar tersebut, ber-SMS dan mengakses media sosial ada di bagian paling bawah. Kegiatan tersebut disebut meningkatkan kebahagiaan hanya sebesar 0,45 persen. Sementara, keintiman dan kebersamaan dengan pasangan berada di puncak daftar, yang disebut meningkatkan kebahagiaan sebesar 14,2 persen.

Meski demikian, bukan berarti kebahagiaan datang dari orang lain. Kondisi itu hadir karena aktivitas dan keterhubungan Anda dengan dunia sekitar.

Kegiatan luar ruang dan yang memungkinkan Anda aktif bergerak seperti berkebun, berenang, bermain di pantai, hiking, menikmati alam bebas, selalu membantu. Aktivitas yang berkaitan dengan seni seperti menonton pertunjukan teater, melihat konser, bergabung dengan paduan suara, bahkan bernyanyi juga akan membuat Anda bahagia.

Kuncinya, sekali lagi, ialah bagaimana Anda terkoneksi dengan lingkungan sekitar. Bahkan, jika Anda pergi ke keramaian dan memperhatikan orang lalu lalang atau naik turun KRL juga dianggap dapat meningkatkan kebahagiaan, dikutip Daily Mail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement