Senin 22 Feb 2016 11:15 WIB

Melancong ke Korea, Jangan Lupa Singgah di Masjid-Masjid Ini

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Muslim di Korea melangkah ke;uar dari salah satu masjid di Seoul.
Foto: EPA
Muslim di Korea melangkah ke;uar dari salah satu masjid di Seoul.

REPUBLIKA.CO.ID, Di Korea Selatan, kaum Musli merupakan minoritas. Meskipun begitu banyak berdiri masjid di berbagai daerah di Korea Selatan.

Selain digunakan oleh Muslim Korea, masjid ini juga digunakan oleh para pendatang Muslim yang tinggal di Korea, seperti dari Pakistan, Bangladesh, Turki, hingga Indonesia. Dilansir dari laman Visit Korea, berikut masjid-masjid yang ada di Korea Selatan dan bisa jadi rujukan saat berlibur ke Korea.

Masjid Seoul Central

Dibuka pada tahun 1976, Masjid Seoul Central terletak di antara Sungai Han dan Gunung Namsan, lebih tepatnya berada di 732-21, distrik Hannam, Kota Yongsan, Provinsi Seoul. Masjid ini dibangun dengan tiga lantai, Di lantai pertama sebagai ruang koferensi dan kantor Muslim Federation Korea, Di lantai dua digunakan untuk tempat shalat laki-laki dan di lantai tiga digunakan untuk tempat shalat wanita.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid ini juga digunakan sebagai lembaga pendidikan untuk anak-anak muslim dan institut penelitian budaya islam.

Saat shalat Jumat masjid ini mampu menampung sekitar 800 jamaah, dan khutbah menggunakan tiga bahasa. Yaitu Inggris, Korea, dan Arab.

Masjid Paju

Masjid Paju menjadi daya tarik Kota Paju. Masjid ini terletak di dekat sungai Injin, yang terletak di antara Seoul dan Kota Kaesong Korea Utara. Masjid Paju, biasanya dikunjungi oleh umat Muslim yang berasal dari Pakistan dan Bangladesh yang tinggal di sekitar wilayah tersebut. Masjid ini berada di 421-9 Yeongtae-ri, Wonreung, Kota Paju, Provinsi Gyeonggi.

Masjid Bupyeong

Terletak di ujung timur Incheon, atau di antara Seoul dan Incheon.  Masjid Bupyeong merupakan tempat ibadah bagi umat Islam yang bekerja di daerah tersebut dan sekitarnya, termasuk Kompleks Industri Namdong di Incheon. Kebanyakan dari pekerja adalah penduduk imigran, dan hanya sedikit warga asli Korea Selatan yang beribadah di Masjid ini. Masjid ini beralamat di 574-19, distrik Sipjeong, Kota Bupyeong, Provinsi Incheon.

Masjid Anyang

Tidak jauh dari Seoul, berdiri sebuah masjid yang diberi nama Masjid Anyang. Sama seperti Ansan, masjid ini juga digunakan oleh para imigran Korea Selatan. Namun kebanyakan hanya imigran dari Bangladesh dan Pakistan yang beribadah di masjid ini. Masjid ini beralamat di 618-132, distrik Anyang 5, Kota Anyang, Provinsi Gyeonggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement