Selasa 09 Feb 2016 09:01 WIB

Morning Sickness Tanda Ibu Hamil Bayi Cerdas

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Wanita hamil kerap mengalami mual di pagi hari atau morning sickness.
Foto: flickr
Wanita hamil kerap mengalami mual di pagi hari atau morning sickness.

REPUBLIKA.CO.ID, Morning sickness bukan bagian yang indah dari kehamilan, namun mual, muntah, dan pusing itu sesungguhnya bagus untuk bayi Anda. Studi terbaru yang dilakukan oleh Hospital for Sick Children di Toronto selama 20 tahun terakhir menunjukkan ibu yang sering mengalami morning sickness justru bagus untuk kecerdasan bayi.

Peneliti mengamati lebih dari 850 ribu wanita hamil di lima negara berbeda untuk melihat efek samping kehamilan paling umum. Hasilnya, 85 persen wanita hamil pasti mengalami morning sickness.

Sejauh ini mual dipercaya akibat dari hormon khusus, gonadotropin yang dilepaskan plasenta. Peneliti menemukan wanita yang sering mual dan muntah melahirkan bayi yang sehat, mulai dair berat dan panjang tubuh normal, juga jauh dari risiko kelahiran prematur.

Ibu yang tidak pernah mengalami morning sickness sama sekali 9,5 persen berisiko melahirkan prematur. Keguguran juga lebih sering menghampiri wanita hamil yang jarang mual dan muntah ketimbang wanita hamil yang sering mengalaminya.

Ketika anak yang dilahirkan perempuan, studi menunjukkan anak yang dilahirkan tersebut memiliki IQ lebih tinggi. Pemahamannya akan bahasa juga baik, didorong sikap dan perilaku yang baik pula.

(baca; Wanita Hamil, Ketahui Ini Soal Virus Zika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement