Kamis 04 Feb 2016 11:24 WIB

St Ali Melbourne Buka Cabang Pertama di Jakarta

Secangkir kopi khas St Ali
Foto: dok St Ali
Secangkir kopi khas St Ali

REPUBLIKA.CO.ID, Kedai kopi populer di Melbourne, Australia, St Ali, membuka gerai pertamanya di Asia Tenggara sejak 2 Februari 2016. Jakarta pun menjadi pilihan untuk cabang pertamanya.

Bekerja sama dengan kedai kopi lokal Common Grounds Roastery, St Ali Jakarta menawarkan konsep yang serupa mungkin dengan kafenya di Melbourne. Kota di Australia ini sudah lama menjadi pusat pertumbuhan budaya kopi dunia. Konsep kedai kopi Melbourne bahkan telah menginspirasi budaya kopi di London dan New York.

St Ali Jakarta dibuka di Setiabudi One, Kuningan, Jaksel. Dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (4/2), St Ali Jakarta berkapasitas 100 kursi.

Mesin espresso spesial La Marzocco 1 juga diterbangkan langsung dari St Ali di Melbourne untuk menghadirkan secangkir espresso dan kopi filter yang sempurna langsung dari bar kopi sepanjang 100 meter yang sepenuhnya terbuka. Kafe ini juga akan menawarkan semua menu yang St Ali miliki, termasuk menu all day breakfast favoritnya.

Pemilik St Ali Café Family, Salvatore Malatesta mengaku sangat senang bisa membuka kedai di Jakarta. Katanya, kini berbagai tren kopi terbaru bisa dibawa mereka ke Jakarta misalnya cold drip, siphon, nitro, dan pour over.

(baca juga: Pakar Kopi Paparkan Ciri Rasa Espresso yang Enak)

“Kami akan memastikan standar kafe di Jakarta ini sebaik yang ada di Melbourne. Untuk itu, kami akan membawa semuanya,” tambah Salvatore.

Kehadiran St Ali Jakarta diharapkan bisa membawa pengunjungnya merasakan budaya minum kopi Melbourne. Di sana, secangkir kopi bukan hanya tentang minum kopi enak tapi merasakan pula nuansa, suasana, seni, sains, dan kerja barista.

Pemilik Common Ground Roastery, Aston Utan, mengatakan kerjasama ini sudah lama dinantinya. "Membawa jantung Melbourne ini ke jantung Jakarta adalah keputusan yang mudah bagi saya. Kehadiran St Ali akan membawa perubahan yang signifikan untuk pecinta kopi, terutama karena kita juga berniat untuk menyebarkan paham kopi yang spesial itu di Indonesia.”

St Ali Jakarta akan menghidangkan menu yang sama dengan kafe di South Melbourne dengan beberapa penyesuaian dalam penggunaan bahan lokal. Beberapa menu yang harus dicoba, selain kopi tentunya, adalah My Mexican Cousin, Koo Koo ka Choo, The World Famous Steak Sanga, Green Pancake, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement