Kamis 04 Feb 2016 10:50 WIB

Begini Cara Membiasakan Bayi Tidur di Malam Hari

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Bayi tidur
Foto: pixabay
Bayi tidur

REPUBLIKA.CO.ID, Sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi ibu baru yang merawat anak pertamanya mengalami ganguan waktu tidur. Biasanya ini menjadi hal normal karena dianggap biasa di awal masa perkembangan bayi.

Hanya saja sebagai ibu, Anda harus dapat membiasakan bayi tidur secara normal perlahan-lahan. Bayi tidak mungkin serta merta tidur sesuai dengan jam biologis ibu.

Dilanisr dari Femalefirst, Kamis (4/2), penting untuk mengajarkan bayi untuk mengenali jam internal tubuh ketika siang dan malam hari. Anda bisa membuat tirai dan mengajak bermain bayi ketika siang hari, dan mematikan lampu di sekitar untuk menunjukkan telah masuk malam hari dan waktunya untuk tidur.

Jika bayi masih terbiasa tidur pada siang hari, coba atur periode waktunya. Jangan biarkan bayi terlalu lama tidur di siang hari, terutama di waktu yang mendekati jam tidur pada malam hari. 

Anda juga dapat mencoba untuk memulai rutinitas pengantar tidur sejak dari bayi. Sebab dengan begitu, telah memperkenalkan anak pada rutinitas penanda waktu tidur telah tiba dan bukan malah terjaga.

Pengantar tidur bisa dengan cara macam-macam, mulai dari membaca buku, meredupkan lampu, atau bernyanyi dengan perlahan dan pelan. Hal itu akan membuat bayi tidur nyenyak dan meningkatkan perkembangan otak.

Namun, jika bayi secara tiba-tiba terjaga di tengah malam, itu merupakan hal normal. Anda hanya perlu menenangkannya ketika menangis, coba untuk menemaninya, kemudian pergi sebentar. Lakukan dengan jarak 30 detik hingga satu menit untuk menunjukan kehadiran Anda di samping bayi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement