Jumat 23 Jan 2015 06:20 WIB

Hindari Kafein Agar Bayi Bisa Tertidur Lelap

Menidurkan bayi (Ilustrasi)
Foto: The Guardian
Menidurkan bayi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayi yang mengalami sulit tidur terkadang membuat Anda khawatir sebagai orang tua. Apalagi ketika saat istirahat tiba, bayi Anda justru masih terlihat aktif.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, berikut beberapa tips agar bayi Anda bisa tertidur dengan lelap.

Tutup tirai dan redupkan lampu

Bayi tidur lebih baik di kamar sejuk dan gelap, terhindar dari aktivitas harian yang mengganggu. Usahakan agar selalu menjaga suasana tetap tenang agar bayi dapat tidur dengan pulas hingga pagi hari.

Nyalakan bunyi halus

Dr. Harvey Karp, konsultan Parents sekaligus penulis The Happiest Baby on The Block (versi buku dan DVD) menyarankan agar Anda menyalakan bunyi-bunyian yang mengundang kantuk. Nyalakan CD bernuansa lembut, karena senandung merdu akan menenangkan bayi dan menyaring suara-suara dari luar.

Hindari kafein

Jika Anda menyusui, hindari minuman yang mengandung kafein. Sebab, apa yang Anda makan akan terbawa ke dalam ASI yang dihasilkan.

Manfaatkan musik

Buatlah kompilasi musik pengantar tidur yang disukai si kecil. Beth Halper, seorang ibu dari Los Angeles, menidurkan bayinya yang berusia 10 bulan dengan Both Sides Now dari Joni Mitchell. "Begitu musik diputar, dia mulai menguap," kata Halper.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement