Kamis 04 Feb 2016 08:22 WIB

Ilmuwan Ungkap Sarapan Terbaik untuk Anak

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Telur untuk sarapan
Foto: pixabay
Telur untuk sarapan

REPUBLIKA.CO.ID, Para ilmuwan merekemondasikan telur sebagai menu sarapan terbaik untuk anak. Hal itu diungkap dalam studi yang dilakukan di di University of Pennsylvania School of Nursing, Amerika Serikat.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Eating Behaviours itu meneliti 40 anak dalam rentang usia 8-10 tahun. Di pagi hari, mereka diminta sarapan 350 kalori berupa telur, bubur, atau sereal lantas tetap aktif berkegiatan hingga makan siang.

Sepanjang pagi, anak-anak ditanyai tentang rasa lapar yang mereka rasakan. Orang tua turut terlibat dengan mencatat adakah jajanan lain yang dimakan putra-putrinya.

(baca: Ini yang Terjadi Jika Anda Berhenti Makan Daging)

Hasil penelitian yang dipimpin Tanja Kral dari Departemen Ilmu Kesehatan Biobehavioural universitas tersebut, memperlihatkan anak-anak yang makan telur saat sarapan menjadi tak mudah lapar. Rasa kenyang berkepanjangan itu membuat mereka mengurangi asupan energi sebanyak 70 kalori pada waktu makan siang.

Berkurangnya kalori itu setara dengan empat persen dari asupan normal harian anak. Dengan kata lain, sarapan telur yang kaya protein dapat membantu mencegah anak makan di luar ambang batas kalori yang bisa menyebabkan obesitas apabila dilakukan berkala.

"Mengidentifikasi jenis makanan tertentu untuk sarapan anak sangat penting untuk membantu membatasi asupan kalori, terutama pada anak-anak yang rentan mengalami kelebihan berat badan," ujar Kral, dikutip dari Independent, Kamis (4/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement