Jumat 29 Jan 2016 09:54 WIB

10 Kriteria Sekolah Bagus Menurut Prof Arief Rachman

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak belajar di sekolah
Foto:
Anak sekolah dasar

Program positif

Semua program-program yang positif mendapat penguatan dari sekolah, orangtua dan siswa. Di sekolah yang baik harus ada penegakan disiplin yang adil, transparan dan jelas. Adanya umpan balik terhadap perkembangan yang dicapai.

Monitoring

Sekolah melakukan monitoring dan evaluasi secara terprogram dan berdampak terhadap perbaikan sekolah. Sekolah yang baik juga harus melakukan monitoring kemajuan siswa setiap saat. Juga harus ada evaluasi kemajuan sekolah secara berkelanjutan.

Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah

Sekolah yang baik juga harus ada keseimbangan antara hak dan kewajiban.  Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah. Sehingga percaya diri siswa muncul. Selain itu, siswa diberi peran dan tanggung jawab, juga diberi kesempatan untuk mengontrol peran dan tanggung jawab mereka sendiri

Kemitraan antara sekolah dengan rumah tangga atau orangtua

Sekolah yang baik juga harus melibatkan orang tua. Pelibatan orangtua dalam program-program anak di sekolah dan pelibatan orangtua dalam program-program anak di rumah.

Munculnya kreativitas dalam organisasi sekolah untuk pengembangan pendidikan

Semua stakeholders sekolah (guru, kepala sekolah, siswa, pegawai sekolah dan orangtua) merasa terlibat dalam pengembangan diri demi kemajuan bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement