Senin 25 Jan 2016 13:22 WIB

Tiga Cara Memasak Sehat Ala Chef Lucky

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Mengukus kentang (ilustrasi)
Foto: Wikihow
Mengukus kentang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ada beragam teknik memasak yang sudah dipraktikkan oleh orang-orang pendahulu kita. Teknik memasak yang beragam itu, sebut saja ada dengan menggoreng yakni memasak dengan minyak yang banyak sampai makanan terendam, ada menumis, memanggang, mengukus, merebus, dan cara lainnya.  Nah, sebenarnya cara memasak yang paling sehat itu seperti apa ya?

Chef Lucky Andreono, pemenang Master Chef Indonesia Musim I, mengatakan, ada tiga cara memasak yang bisa disebut kategori sehat. Cara pertama adalah mengukus atau steam. Saat mengukus, dia mengatakan, makanan berada di dalam kukusan dan di tutup. Mengukus sesuatu bahan makanan apalagi jika dibungkus dengan daun pisang akan lebih bagus lagi. 

“Hal ini membuat nutrisi tidak lari kemana-kemana. Daun pisang menyimpan nutrisi tetap berada di dalamnya,” jelasnya kepada wartawan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Cara kedua, adalah dengan memakannya tanpa dimasak atau mentah. Namun yang penting diingat makanan mentah sebelum dimasak harus dicuci bersih.  Mencucinya pun haris di air yang mengalir. Lebih baik lagi jika wadah cucinya bolong-bolong. Lucky mengatakan hal ini akan membuat kotoran juga bakteri akan ikut mengalir bersama air.

Cara ketiga adalah dengan fan fry, yaitu menggoreng tanpa minyak. Caranya dengan menggunakan teflon anti lengket. Menurutnya, teknik ini bisa digunakan untuk memasak bahan makanan yang mengeluarkan minyak, misalnya ikan, seperti salmon dan patin. Daging juga akan mengeluarkan minyak. Selain itu gunakan pula bumbu yang mengeluarkan minyak, misalnya kemiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement